Sulut Siap Jadi Tuan Rumah Pameran Kain Daerah 2018 Sulut Siap Jadi Tuan Rumah Pameran Kain Daerah 2018 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sulut Siap Jadi Tuan Rumah Pameran Kain Daerah 2018

10 November 2018 | 14:25 WIB Last Updated 2020-01-27T16:04:58Z
Batik Tulis motif Maengket Sizzy Matindas

INDIMANADO.COM, SULUT - Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut matangkan persiapan even nasional Pameran Bersama Kain Daerah 2018 dengan menggelar rapat koordinasi bersama pihak terkait di Swissbel Hotel Manado, Jumat (9/11/18).

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut Ferry R J Sangian saat membuka rakor tersebut mengungkapkan bahwa pameran ini
menjadi bagian perwujudan visi Gubernur Olly Dondokambey dalam mengupayakan Sulut menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia, serta untuk memperkenalkan produk lokal unggulan Bumi Nyiur Melambai terutama kain daerah seperti kain tradisional Bentenan, Pinawetengan, dan Koffo.

"Disamping itu pameran ini digelar sebagai bentuk upaya pelestarian budaya lokal yang sasarannya untuk memotivasi seluruh masyarakat Indonesia, terlebih generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai kain daerah," imbuh Sangian.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Museum ini akan melibatkan pengrajin, produsen, dan penggiat kain tenun tradisional khas daerah baik swasta maupun instansi pemerintah di seluruh Indonesia.

Even pameran kain daerah skala nasional yang pertama kali digelar di Sulut ini akan memamerkan kain tenun tradisional seperti batik, songket dan sebagainya yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia ditambah 15 Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara.

Even akan berlangsung tanggal 26 sampai 30 November 2018 di Atrium Mantos 3. Nantinya akan ditampilkan proses pembuatan kain tenun batik, fashion show dan informasi edukatif mengenai sejarah dan nilai-nilai kearifan lokal pada kain tenun tersebut.

Nampak pula hadir dalam rakor tersebut para narasumber diantaranya Sekretaris Asosiasi Museum Daerah (AMIDA) Dra.Ivonne Silangen Lombok, Kadis Perindag sekaligus Sekretaris Dekranasda Sulut Ir.Jenny Karouw, Creative Director COFO Indonesia Sam Pantouw, jajaran pejabat Dinas Kebudayaan Prov Sulut dan turut diikuti para Kadis dan perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten/kota dan penggiat batik se Sulawesi Utara.

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close