Header Ads

banksulutgo.co.id

Tunjang Suksesnya Pileg dan Pilpres 2019, Dukcapil dan KB Sulut Gelar Bimtek Pendaftaran Penduduk


INDIMANADO.COM, SULUT - Memastikan proses pendaftaran penduduk berjalan dengan baik, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Dukcapil dan KB), Provinsi Sulawesi Utara gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran Penduduk, di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (7/11/2018).

Bimtek yang diikuti peserta dari Dukcapil 15 Kabupaten Kota tersebut, dibuka Kadis Dukcapil dan KB Provinsi Sulut, dr Bahagia R Mokoagow MSI MKes.

Dalam sambutannya, mewakili Gubernur Olly Dondokambey, Mokoagow menyampaikan bahwa selain memastikan proses pendaftaran penduduk, kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019.

Karena itu, dalam upaya mensukseskan agenda tersebut, terlebih memasuki tahun politik, Dukcapil harus terus berkoordinasi.

"Dukcapil harus benar-benar menyelesaikan persoalan-persoalan seperti pembersian penggandaan data, sehingga dijamin tidak ada lagi manipulasi data," kata Mokoagow.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk bekerjasama, melapor ke pemerintah, dan segera mengurus e-KTP, mendatangi kantor Dukcapil di Kabupaten/Kota.

"Masyarakat jangan tiba saat tiba akal, nanti sudah dibutuhkan baru tiba-tiba datang semuanya (di kantor Dukcapil)," katanya.

Sebelumnya, Dukcapil Kabupaten Kota sudah bekerjasama dengan pemerintah desa dan kelurahan, turun langsung mengumpulkan masyarakat, dengan tujuan masyarakat yang belum melakukan perekaman, melengkapi dokumen, atau belum memiliki e-KTP datang melapor. Namun, upaya ini belum sesuai harapan.

"Kependudukan itu harus kita dukung dengan dokumen kependudukan, yang secara hukum menunjukan penduduk Indonesia, warga Sulawesi Utara," tandasnya.

Oleh karena itu, Mokoagow berharap dengan dilaksanakan bimtek pendaftaran penduduk, Dukcapil bisa mensolusikan berbagai permasalahan dalam proses pendaftaran penduduk sehingga kedepan mampu menata kelola manajemen kependudukan lebih baik dan benar.

(alfa jobel)

No comments

Silakan beri komentar anda