Gubernur Olly Dampingi Menag Lukman Hakim Resmikan IAKN Manado Gubernur Olly Dampingi Menag Lukman Hakim Resmikan IAKN Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Dampingi Menag Lukman Hakim Resmikan IAKN Manado

21 December 2018 | 19:11 WIB Last Updated 2020-01-26T20:03:46Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara dalam rangka meresmikan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Jumat (21/12/2018).

“Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, saya resmikan IAKN Manado dan penggunaan gedung aula, guest house serta asrama putri," kata Menag lalu menandatangani prasasti peresmian sambil disaksikan Gubernur Olly Dondokambey, SE.

Dalam sambutannya, Menag mengatakan dengan meningkatnya status Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) menjadi IAKN harus diikuti dengan totalitas kinerja dari seluruh jajaran IAKN. "Dengan beralih status dari sekolah tinggi menjadi institut berarti ada tanggungjawab yang semakin besar. Ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Menag Saifuddin.

Lanjutnya, agama hadir dalam setiap sendi kehidupan sebagai ajaran yang memanusiakan manusia. “Agama hadir untuk manusia, mempunyai pesan yang sama untuk sesama,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, aspek sosial dalam agama sangat luar biasa. Kesalehan tidak hanya diukur oleh persoalan personal semata, namun harus terjewantah dengan kehidupan sosial.

Terkait Hari Raya Natal 2018, Menag menyampaikan selamat merayakan Natal kepada seluruh masyarakat Sulut. "Selamat merayakan Natal. Mudah-mudahan dengan semangat Natal, kita bisa saling menguatkan, mengasihi dan menebar kedamaian”, ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Olly Dondokambey, SE mengapresiasi perhatian Menag atas perkembangan IAKN Manado. "Kami berterimakasih kepada Bapak Menteri yang telah menyediakan berbagai sarana penunjang di IAKN Manado dan sekaligus meresmikannya," kata Olly.

Olly menambahkan, IAKN Manado tak hanya menjadi tempat belajar bagi mahasiswa dari Sulut saja tetapi menjadi kampus bagi mahasiwa dari daerah lainnya seperti daerah kepulauan dan Maluku.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama yang sudah terjalin baik di Sulut.

"Mari kita menjaga kerukunan dan kebersamaan. Sepeti air dan minyak meskipun tak sama namun punya fungsi masing-masing yang berguna untuk kehidupan manusia. Begitu juga agama semuanya memiliki fungsi yang baik. Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang tidak baik. Semuanya baik”, ujar Olly.

Diketahui, Peresmian IAKN turut dihadiri oleh Rektor IAKN Manado, Jeane Marie Tulung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut Abdul Rasyid, para pejabat Pemprov Sulut dan Segenap Civitas Akademika IAKN Manado.

(*)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close