KPU Mitra Bakal Launching Rumah Pintar Pemilu KPU Mitra Bakal Launching Rumah Pintar Pemilu - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Mitra Bakal Launching Rumah Pintar Pemilu

20 December 2018 | 22:04 WIB Last Updated 2018-12-20T14:04:08Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara (Mitra) segera melaunching Rumah Pintar Pemilu yang merupakan program KPU RI, dengan harapan Rumah Pintar Pemilu menjadi wadah memberikan pendidikan dan pemahaman, pemilu.

Ketua KPU Mitra Wolter Dotulong didampingi Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat Otniel Wawo, menjelaskan rumah pintar adalah program KPU RI yang merupakan bagian dari sosialisasi untuk masyarakat, terutama untuk pemilih pemula.

"Jadi ketika masyarakat menghindari kegiatan formal disosialisasi resmi, bisa memanfaatkan dan belajar di rumah pintar ini. Sasaran KPU RI supaya tingkat partisipasi masyarakat di pemilu meningkat, karena didalam rumah pintar ini berisi materi dan visulisasi terkait pemilu," ungkapnya, kala menyambut kunjungan Biro Teknis dan Masyarakat (Tekmas) KPU RI yang menangani rumah pintar, Kamis (20/12).

Sementara itu, Biro Tekmas KPU RI Saukani, yang menangani rumah pintar menambahkan, pembangunan rumah pinter memiliki dua sisi, yakni bangunan dan aktifitas.

"Untuk sisi bangunan ada 4 fungsi ruang, yakni audiovisual, peraga, simulasi, dan diskusi. Untuk di Mitra disesuaikan kondisi ruangan yang ada. Program ini dimulai dari 2015, target 2018 di semua kabupaten kota sudah terealisasi dan Mitra masuk gelombang terakhir. Harapan diakhir 2018 ini sudah launching," jelasnya.

Sementara terkait aktifitas, setelah materi terpasang dan dibaca para pemilih pemula, mereka dikumpulkan dan diajak diskusi, kemudian diberikan kesempatan untuk bertanya, sambil diberikan bimbingan dari pihak KPU.

"Biasanya untuk anak atau pemilih pemula kami beri simulasi karena ini menarik untuk anak. Model kerjanya sudah harus terjadwal sehingga setidaknya jika tidak ada komisioner maka staf bisa menanganinya," tandasnya.

Lanjut dikatakannya, intinya melalui rumah pintar ini diharapkan menarik masyarakat. Kami ingin menumbuhkan animo masyarakat tentang pemilu karena tujuan utamanya agar masyarakat tahu bagaimana prosesnya, bahkan ketika belum ada pemilu, apa yang dilakukan KPU.

"Ujung tombak adalah kabupaten/kota. Kami berharap teman di provinsi dan kabupaten/kota bisa mengimplementasikan apa yang sudah disepakati dan dalam rangka supervisi, kiranya ada masukan yang bisa diberikan, konten apa yang bisa kita benahi," pungkasnya.

(*/Bill)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close