Direktur Kampus IPDN Sulut Apresiasi Keberhasilan Bupati Sumendap Direktur Kampus IPDN Sulut Apresiasi Keberhasilan Bupati Sumendap - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Direktur Kampus IPDN Sulut Apresiasi Keberhasilan Bupati Sumendap

27 March 2019 | 13:42 WIB Last Updated 2019-03-27T05:42:10Z

INDIMANADO.COM, RATAHAN - Lembaga pendidikan pamong praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) memberikan pengakuan terhadap kinerja Bupati James Sumendap. Menurut Direktur Kampus IPDN Sulawesi Utara (Sulut), Noudy Tendean, tangan dingin Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) membawa daerahnya berhasil. 

"Prestasi dan keberhasilan pembangunan Kabupaten Minahasa Tenggara sangat luar biasa. Dan dibalik itu semua sosok Bupati James Sumendap yang berhasil memajukan daerahnya," kata Tendean saat upacara penyambutan para Praja IPDN di Lapangan Ompi, Selasa (27/3). 

Dia mengungkapkan, hal tersebut sesuai dengan survey dan kajian yang dilakukan pihaknya saat menyeleksi sejumlah daerah yang akan dijadikan lokasi praktik para praja.

"Selain itu didukung prestasi daerah yang sangat banyak, makanya kami nyatakan Minahasa Tenggara paling layak sebagai fokus utama. Apalagi sesuai arahan menteri, lokasi praktek harus daerah yang mempunyai keberhasilan sehingga para praja mendapatkan pembelajaran terbaik," ujarnya. 

Lebih lanjut kata Tendean, sejumlah indikator yang menjadi pertimbangan pihaknya yakni, keberhasilan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Menjadi daerah penggagas pertama di Indonesia, dan berhasil menerapkan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang merupakan cikal bakal lahirnya program pemerintah pusat yakni Dana Desa. 

"Ada juga program lingkungan hidup yakni pelarangan sampah plastik khususnya sekali pakai. Serta program lainnya yang kami anggap inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan," ujarnya. 

Ia pun berharap para praja mendapatkan ilmu serta pengalaman, selama 21 hari praktek di kecamatan dan instansi perangkat daerah.

"Sekaligus juga menerapkan teori yang diperoleh dalam pendidikan ke dunia kerja sesuai dengan bidang tugasnya," tandasnya. 

Sementara itu Bupati James Sumendap, mengatakan Pemkab bersama rakyat Minahasa Tenggara menyambut baik pelaksanaan praktik tersebut. 

"Saya berharap kami dari Pemkab dan praja ini saling bertukar ilmu. Secara khusus kepada adik-adik praja dapat mengimplementasikan ilmunya ke dalam praktek," katanya. 

Ia mengungkapkan, pihaknya mempunyai sejumlah program pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi praja selama praktek.

 (Bill)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close