Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Politik dan Pelayanan Publik, DP3A Mitra Gelar Workshop Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Politik dan Pelayanan Publik, DP3A Mitra Gelar Workshop - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Politik dan Pelayanan Publik, DP3A Mitra Gelar Workshop

21 March 2019 | 23:23 WIB Last Updated 2019-03-21T15:23:14Z


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Guna meningkatkan partisipasi dan keterlibatan perempuan dalam bidang politik dan jabatan publik Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar Workshop kepada calon legislatif (Caleg) perempuan di ruang rapat Kantor DP3A, Kamis (21/03/2019).

Kadis DP3A Phebe Punuindoong, melalui Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Pemberdayaan, Magrita Kaligis menerangkan tujuan kegiatan ini untuk memberikan motivasi serta kesadaran akan pentingnya partisipasi perempuan dalam politik maupun jabatan politik.

“Ini demi menambah pengetahuan akan regulasi sesuai yang diamanatkan tentang keterlibatan dalam bidang politik maupun calon legislatif perempuan, sehingga dapat melahirkan rekomendasi dari caleg perempuan, dan jika terpilih nanti dapat menampung dan memperjuangkan aspirasi berkaitan dengan masalah-masalah perempuan,” terang Kaligis.

Sementara itu, Wakil Bupati Mitra Jocke Legi mengatakan kesenjangan gender di kehidupan publik dan politik merupakan suatu tantangan global yang terus dihadapi oleh masyarakat. Wabub menerangkan UUD 1945 menjamin kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, dimana kesetaraan gender telah diadopsi menjadi sebuah kebijakan untuk mengintegrasikan perspektif kedalam kebijakan perencanaan dan penganggaran.

“Tindakan afirmatif juga sudah diperkenalkan pada UU nomor 10 Tahun 2008 tentang pemilihan umum dalam memastikan setidaknya 30 persen perempuan dicalonkan dalam daftar calon anggota legislatif untuk menangani masalah kekurangan keterwakilan gender dalam bidang politik di negara ini. Kabupaten Mitra saat ini sangat memperhatikan kepedulian terhadap perempuan dengan banyaknya kalangan srikandi-srikandi hebat yang menduduki jabatan ataupun sebagai pengambil keputusan. Bahkan saat ini ketua DPRD Mitra kita pun adalah seorang perempuan,” tukas Jocke saat membuka Workshop peningkatan peran serta perempuan di bidang politik dan jabatan publik kabupaten Mitra tahun 2019.

Wabub Jocke Legi pun mendorong agar kalangan perempuan terus berkarya, sembari berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menginpirasi para peserta untuk terus memperjuangkan keadilan dan kesetaraan bagi perempuan dan tetap melanjutkan kiprahnya di bidang politik maupun sebagai pengambil keputusan melalui dukungan politik guna terselenggaranya program pengarusutamaan gender (PUG) di Mitra.

Hadir sebagai narasumber Ketua DPRD Mitra Marty Ole, Kepala BP3A Provinsi Sulut Mike Pondaag, Komisioner KPU Mitra Divisi Teknis Penyelenggaraan Jonly Pangemanan. 

(Hms/Bill)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close