Header Ads

banksulutgo.co.id

700 Pohon Baru Ditanam di Kawasan Batu Angus Bitung

Seorang anak kecil ikut terlibat penanaman pohon untuk memperingati Hari Bumi. (istimewa)


INDIMANADO.COM, BITUNG - Gerakan Rawat Bumi dan Lindungi Hutan memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, dengan melakukan penanaman pohon baru. Sebanyak 700 bibit pohon ditanam di Area Wisata Batu Angus Bitung, Minggu (21/4/2019).

Ratusan Penggiat Lingkungan dari berbagai komunitas yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), ikut dalam program yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. Tahun ini, Gerakan Rawat Bumi dan Lindungi Hutan mengusung tema “Bersama Hijaukan Daerah Alam Batu Angus”.

“Kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia ini diinisiasi Yayasan Lindung Hutan,” ungkap Tika Fitriyani Pelu, Kordinator Kegiatan Gerakan Rawat Bumi Kota Bitung.

Ratusan penggiat lingkungan berfoto bersama usai melaksanakan penanaman pohon di Taman Wisata Batu Angus, Bitung. (istimewa)

Tika mengatakan, jenis pohon yang ditanam terdiri dari, Mahoni sebanyak 300 bibit, Gemelina 200 bibit, Pakoba 100 bibit dan Nantu 100 bibit. Selain Batu Angus, lokasi lain penanaman pohon di Sulut juga dilaksanakan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

“Jadi total yang melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia, lebih dari 80 daerah,” ungkap Tika.

Andre K Kaligis, Kordinator Lapangan penanaman berharap kegiatan penanaman pohon ini nantinya bisa meningkatkan kepedulian anak-anak muda, untuk terus menjaga dan melestarikan alam.

“Kita tingkatkan kebersamaan satu dengan yang lainnya dengan melestarikan pohon. Ingat, 1 pohon bisa melindungi kehidupan 10 orang,” katanya.

Sementara itu, Fredrik Pauran yang juga Kepala Resort Taman Wisata Alam Batu Angus memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para penggiat lingkungan yang memilih Batu Angus sebagai lokasi program penanaman pohon.

“Saya berharap kegiatan hari ini bukan sekedar habis sampai penanaman saja, tapi ada keberlanjutan. Ya itu, seperti pengontrolan terhadap pohon-pohon yang sudah ditanam hari ini,” ungkapnya.

Penggiat lingkungan yang terlibat dalam program penanaman pohon untuk memperingati Hari Bumi, berjumlah 120 orang yang datang dari berbagai komunitas pencinta alam. Kegiatan lindungi hutan ini, disponsori PT Sinar Bahari Lautan Timur Indonesia (SBLTI), PT Multi Nabati Sulawesi, Manggala Agni Daops Bitung dan Persemaian BPDDASHL Tondano.

(4CH4)

No comments

Silakan beri komentar anda