Header Ads

banksulutgo.co.id

HKBN, Edwin Silangen Harap Semua Elemen Siap Hadapi Bencana



INDIMANADO.COM, SULUT - Dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut menggelar Latihan Evakuasi Mandiri Bencana Gempa diserta Tsunami yang dibuka langsung oleh Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS,  bertempat di kantor BPBD Sulut, Jumat (26/04/2019).

Dalam kegiatan pelatihan tersebut Sekprov Silangen, mengingatkan tentang kesiapsiagaan dimulai dari diri, keluarga dan komunitas.

"Sejak disahkan UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana tanggal 26 april, terjadi perubahan paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsif ke preventif. Perlu gerakan aksi bersama meningkatkan kapasitas pemerintah, organisasi, masyarakat, komunitas, keluarga dan individu agar mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat melalui edukasi kebencanaan dan latihan penanggulangan bencana secara berkala dan berkesinambungan," kata Silangen.

Untuk diketahui bersama tujuan HKBN 2019 ini adalah untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak.

Sekprov Silangen berharap melalui kegiatan kesiapsiagaan ini dapat memberikan sesi edukasi tentang bagaimana mengenal ancaman/potensi bencana disekitarnya.

Selanjutnya Sekprov Silangen bersama Kaban BPBD Joi Oroh melakukan pemantauan untuk semua alat yang dipakai dalam penanggulangan bencana, Silangen mengatakan BPBD Sulut harus terus siap, karena cuaca saat ini tak menentu sehingga dalam melakukan bantuan diperlukan alat operasional yang baik, kendaraan yang ada didarat dan dilaut harus selalu siap.

(*/alfa jobel)

No comments

Silakan beri komentar anda