Sriwijaya Air Resmi Membuka Penerbangan Rute Manado-Naning China Sriwijaya Air Resmi Membuka Penerbangan Rute Manado-Naning China - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sriwijaya Air Resmi Membuka Penerbangan Rute Manado-Naning China

3 April 2019 | 20:59 WIB Last Updated 2020-01-26T21:01:15Z
Wisatawan dari Naning China yang mendarat di perdana di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. (Ist)


INDIMANADO.COM, MANADO - Maskapai Sriwijaya Air resmi membuka penerbangan dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ke Bandara Internasional Wuxu Naning China. Rute baru itu dijadwalkan terbang dua kali seminggu, yakni Selasa dan Sabtu.

Sriwijaya Air sempat membuka penerbangan charteran Manado-China, seiring meningkatnya jumlah wisatawan asal negeri tirai bambu itu. Diresmikannya rute baru itu membuat masyarakat kini bisa menikmati penerbangan menuju Naning, salah satu kota terbesar di China.

Peresmian rute baru ditandai dengan penyambutan penerbangan perdana dari Naning, Selasa (2/4/2019). Sriwijaya Air SJ 4131, tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 23.10 WITA.

Pesawat Boeing 737-800 berkapasitas 189 penumpang itu, membawa 154 penumpang. Turut serta dalam rombongan penumpang Sriwijaya Air tersebut adalah Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai mengatakan, masuknya Sriwijaya Air dengan rute internasional dari China, membuat semakin menambah geliat peningkatan angka kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulawesi Utara (Sulut). Sebagai pengelola bandara, mendukung program pariwisata yang digalakkan pemerintah.

“Tentunya melalui kesiapan infrastruktur bandara. Juga ditambah saat ini Bandara Sam Ratulangi Manado telah beroperasi 24 jam,” ungkap Minggus pada acara makan malam bersama di Concordia Lounge Bandara Sam Ratulangi Manado, sebelum penyambutan penerbangan perdana.

Acara makan malam bersama itu dihadiri Direktur Niaga dan Komersial Sriwijaya Air Joseph Tendean, Direktur Operasi Sriwijaya Air Capt. Fadjar Semiarto, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Drs Vinsensius Jemadu, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulut Linda Wantania dan Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel A Mewengkang.

Kemudian Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Kolonel Pnb. Sarmanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Manado Lenda Pelealu, perwakilan dari maskapai serta CIQ dan jajaran manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Drs Vinsensius Jemadu yang ikut memberikan sambutan mengatakan pemerintah pusat melalui kementerian telah berkomitmen untuk mendukung segala bentuk program pemerintah Provinsi, Kota maupun Kabupaten dalam pengembangan sektor pariwisata.

Dia juga berharap dengan dibukanya penerbangan internasional Sriwijaya Air ini, dapat diikuti oleh maskapai lainnya. Apalagi dalam beberapa kali kunjungan ke Kedutaan Tiongkok, selalu mendapat sambutan baik saat dilakukan pembahasan terkait Sulawesi Utara.

“Karena itu, mari kita sambut momen ini, dimana Sulawesi Utara telah menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh para turis mancanegara,” ujar Vinsensius.

Menurut data Imigrasi Manado, turis China yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado hingga Februari 2019, mencapai 20.495 atau meningkat 16 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018. Dibukanya rute baru ini diyakini bisa menaikkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Manado.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Sriwijaya Air serta seluruh pihak yang telah membantu Sulawesi Utara untuk mengembangkan sayap dan semakin kuat di sektor pariwisata,” ungkap Linda Wantania, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulut.

Pada penyambutan penumpang perdana Sriwijaya Air kali ini, penumpang yang turun diberikan hiburan musik kolintang, pemberian bingkisan dan dilakukan pengalungan kain Batik Bentenan secara simbolis.

(4CH4)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close