Angka Penyakit Tidak Menular Meningkat, Ratuliu Harap Warga Proaktif Angka Penyakit Tidak Menular Meningkat, Ratuliu Harap Warga Proaktif - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Angka Penyakit Tidak Menular Meningkat, Ratuliu Harap Warga Proaktif

25 June 2019 | 00:57 WIB Last Updated 2019-06-24T16:57:37Z


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan sosialisasi penyakit tidak menular dan deteksi dini kanker leher rahim kepada PKK dan kader kesehatan, Senin (24/6) di Hall Sport Kantor Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan dr Helni Ratuliu menjelaskan sosialisasi dimaksud untuk memberi pemahaman bagaimana pencegahan dan pengendalian dini penyakit ini.

"Secara global dan nasional kita dihadapkan masalah kesehatan, baik penyakit menular dan penyakit tidak menular serta penyakit kanker yang semakin meningkat. Penyakit tidak menular telah meningkat tajam seiring dengan perubahan gaya hidup dan perilaku tidak sehat masyarakat," katanya.

Oleh karenanya, lanjut Ratuliu, Pemerintah Kabupaten Mitra terus berkomitmen membangun kesehatan masyarakat. Tahun 2014, Pemkab Mitra bekerjasama dengan  Fakultas Kedokteran Unsrat melaksanakan Kegiatan deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA.

"Namun di sayangkan tingkat partisipasi masyarakat masih sangat kurang, sehingga dari tahun ke tahun angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular meningkat diantaranya hipertensi, stroke, diabetes miletus, jantung dan lainnya," beber Ratuliu.

Tingginya angka kejadian Kanker leher rahim wanita usia subur serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam skrining kanker leher rahim dan meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan penyakit tidak menular maka sangatlah perlu sosialisasi kepada masyarakat.

"Peran PKK sangatlah penting dalam membantu petugas kesehatan dalam menekan angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular," pungkas Ratuliu.

Hadir pada kegiatan tersebut, TP-PKK tingkat Desa dan Kecamatan se-kabupaten Mitra.

(Bill)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close