Silangen: Jadikan Donor Darah Gaya Hidup Silangen: Jadikan Donor Darah Gaya Hidup - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Silangen: Jadikan Donor Darah Gaya Hidup

21 June 2019 | 16:36 WIB Last Updated 2020-01-26T21:01:01Z


INDIMANADO.COM, SULUT - Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara resmi kegiatan Jalan Sehat dan Donor Darah Massal dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang dilaksanakan di Kawasan Mega Mas Manado, Jumat (21/6/2019)

Usai mengangkat bendera, Sekdaprov Silangen bersama Ketua Tim Giat Donor Darah Palang Merah Indonesia Sulut Annie Dondokambey dan masyarakat jalan sehat hingga finish di Marina Plaza daan dilanjutkan dengan kegiatan donor darah massal.

Sebelumnya, Silangen mengajak masyarakat berperan dan berpartisipasi aktif mendukung kegiatan donor darah.

"Jadikan donor darah sebagai lifestyle (gaya hidup) dalam kehidupan sosial kita," kata Silangen.

Lanjut Silangen, pelayanan darah sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup, aman, bermanfaat, mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat.

Tambah dia, keberhasilan pengelolaan pelayanan darah sangat tergantung pada ketersediaan pendonor darah, sarana, prasarana, tenaga, pendanaan, dan metode yang dilakukan.

"Karenanya pengelolaan pelayanan darah harus dilakukan secara terstandar, terpadu dan berkesinambungan serta dilaksanakan secara terkoordinasi antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan partisipasi aktif masyarakat termasuk organisasi sosial yang tugas pokok dan fungsinya di bidang kepalang merahan sebagai mitra Pemerintah," imbuh Silangen.

Sementara itu, Ketua Tim Giat Donor Darah PMI Sulut Annie Dondokambey mengatakan kegiatan yang mengangkat tema safe blood for all itu sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat manfaat dan pentingnya donor darah.

Menurut Dondokambey, pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Tim Giat Donor Darah PMI Sulut telah memberikan penghargaan bagi masyarakat yang sudah mendonorkan darahnya sebanyak 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali dan 100 kali.

"Mereka patut diberi apresiasi dan penghargaan karena memberikan darahnya tanpa pernah dibayar," imbuh Dondokambey.

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda dan ribuan ASN dan THL di lingkup Pemprov Sulut.

(*)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close