HOME

DPRD Manado Gelar Paripurna Ranperda APBD Tahun Anggaran 2018


LIPUTAN KHUSUS


Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Richard Sualang bersama Wakil Walikota Mor Bastiaan saat rapat paripurna Pembicaraan Tingkat I atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Manado Tahun Anggaran 2018

INDIMANADO.COM, MANADO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, menggelar rapat paripurna dalam rangka Pembicaraan Tingkat I atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Manado Tahun Anggaran 2018, Rabu (3/7/2019).

Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang yang memimpin rapat, mengapresiasi kehadiran Pemerintah Kota Manado, meski rapat digelar sore menjelang malam.



Menurut Sualang, ada beberapa program kerja dari Pemerintah Kota Manado yang mendapat apresiasi dari lembaga DPRD Manado. Diantaranya, launching aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta Tentang Tes IV A (Panada Tanta IVA) dan Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA (Susiantariksa).

Panada Tante IV A adalah menu baru dari PANADA yang menggambarkan Mapping online wanita usia subur di wilayah Kecamatan Tikala yang sudah atau belum melakukan tes IVA.


Sedangkan Susiantariksa adalah bagaimana peran suami mengajak istri untuk melakukan pemeriksaan IVA. Karena dengan partisipasi aktif suami mampu menyelamatkan kehidupan dan masa depan para wanita Indonesia.

“Dengan layanan pemeriksaan IVA yang tersedia secara gratis di seluruh Puskesmas di Kota Manado, DPRD sangat mengapresiasi ketika aplikasi ini dilaunching,” ungkap Sualang.


Sementara itu, Wakil Walikota (Wawali) Manado Mor Bastiaan mewakili Walikota Manado menyampaikan penjelasan terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2018.

Wawali menyebut beberapa program Pemkot Manado, progres kerjanya sudah ada yang telah mencapai 100 persen. Meski masih ada beberapa program yang juga masih dalam tahapan penyelesaian.


“Kami berharap seluruh program dapat diselesaikan dalam waktu dekat ini,” ungkap Mor Bastiaan.

Fraksi-fraksi di lembaga DPRD juga menyampaikan pemandangan umun terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018. Usai membacakan, hasil pertanggungjawaban dan kemudian diserahkan kepada pimpinan dewan.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut sejumlah anggota DPRD Manado dari 6 fraksi, para pejabat Pemkot Manado dan unsur Muspida.

(4CH4)

No comments

Silakan beri komentar anda