Ibu Rita Masak Rendang di Minang Ibu Rita Masak Rendang di Minang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ibu Rita Masak Rendang di Minang

26 July 2019 | 10:21 WIB Last Updated 2020-01-27T16:03:50Z



INDIMANADO.COM, SUMBAR - Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47 yang dipusatkan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat diwarnai dengan lomba adu ketangkasan memasak. Istimewanya, yang menjadi koki adalah istri gubernur dari seluruh provinsi di tanah air, mereka berlomba masak masakan rendang atau dikenal dengan marandang.

Tak terkecuali Ketua TP PKK Sulawesi Utara Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan. Istri tercinta Gubernur Olly Dondokambey ini ikut menunjukkan keterampilannya memasak rendang dalam waktu tiga jam sesuai waktu yang diberikan panitia.

Lomba Marandang yang digelar di Halaman Museum Adityawarman, Jumat (26/7/2019) merupakan proses mengolah daging sapi dengan campuran santan dan bumbu sesuai takarannya selama berjam-jam hingga mencapai ‘randang’. Tahapan yang dinamai randang sendiri melewati tingkat ‘gulai’ dan ‘kalio’.

Jika ingin mengolah bagaimana rendang daging menjadi khas atau asli minang, ada beberapa bahan atau resep yang bisa anda coba. Bahan – bahan utama haruslah lengkap untuk membuat rendang daging khas padang ini. Seperti :

Satu setengah kilogram daging

Dua liter santan yang terbuat dari 2 butir kelapa tua

Siapkan bumbu dan rempah asli untuk membuat rendang daging khas minang seperti : 2 batang daun serai dan memarkan. Lengkapi dengan 4 lembar daun jeruk purut, 2 cm asam kandis atau gelugur dan 2 lembar daun kunyit yang sudah disimpulkan.

Jika bahan utama membuat rendang daging khas minang sudah siap, maka haluskan beberapa bumbu lainnya seperti 5 butir kemiri, 6 siung bawang putih, 100 gr cabe merah besar, 12 butir bawang merah, 100 gr cabe merah keriting, 2 cm jahe yang dibakar, 2 cm lengkuas serta 3 cm kunyit yang dibakar. Lengkapi dengan setengah sendok makan ketumbar, 2 sdt garam, setengah sdt pala dan 1 sdt jintan yang sudah disangrai serta tambahkan penyedap rasa bila perlu.

Cara Membuat Rendang Padang
Jika bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang daging khas minang atau rendang padang sudah siap, maka langkah berikutnya adalah mengolahnya hingga matang. Pertama, potong daging dengan ukuran dadu atau sesuai selera. Tuang santan ke wajan dan masukkan ebberapa bahan seperti serai dan irisan bawang merah, asam serta daun kunyi. Aduk hingga mendidih tetapi jangan sampai santan menjadi pecah.

Masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya ke didihan santan dan aduk kurang lebih 20 menit. Jika dirasa cukup, santan akan bermnyak dan masukkan potongan dading tunggu hingga santan menjadi kental atau hingga bumbu meresap ke pori – pori daging. Masak sampai daging terasa empuk dan matang merata. Pastikan untuk terus mengaduk agar daging tidak gosong di bagian bawahnya.

Makan masakan rendang daging memanglah lezat dan cocok untuk dinikmati bersama. Bumbu yang khas menjadi salah satu alasan mengapa rasa rendang daging ini membuat siapa saja yang memakannya jatuh cinta.

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close