Bupati ROR Kumpul Forkopimda Bahas Antisipasi Kebakaran Bupati ROR Kumpul Forkopimda Bahas Antisipasi Kebakaran - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati ROR Kumpul Forkopimda Bahas Antisipasi Kebakaran

14 August 2019 | 19:03 WIB Last Updated 2019-08-15T11:03:54Z

INDIMANADO.COM, TONDANO – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) mengelar pertemuan strategis dengan forum pimpinan daerah (Forkopimda) Minahasa, di ruang rapat Polres Minahasa, Selasa (13/08/2019).

Hal ini juga merupakan atensi dari Presiden Joko Widodo agar musim kemarau ini tidak terjadi kebakaran hutan, seperti yang sering terjadi di Pulau Kalimantan beberapa tahun sebelumnya.

“Untuk mengantisipasi apa yang disampaikan Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI. Juga oleh Gubernur Sulawesi Utara tentang kebakaran hutan dan lahan, dimana saat musim panas yang kita alami ini sangat berbahaya untuk kebakaran. Di Kabupaten Minahasa sudah beberapa titik yang terjadi kebakaran, seperti hari ini yang terjadi di sekitaran Pineleng dan Tombariri. Tetapi oleh karena gerak cepat dari masyarakat dan pemadam kebakaran sehingga bisa teratasi,” ujar Bupati ROR.

Oleh karena itu ia mengimbau warga agar memperhatikan kebiasaan merokok, yang bisa menjadi pemicu kebakaran. Ia juga menginstruksikan kepada para Camat, Lurah dan Hukum Tua serta pimpinan agama untuk meneruskan imbauan itu kepada warga masyarakat, untuk mengantisipati dampak negatif kemarau panjang ini.

“Marilah kita menjaga dan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Perhatikan dengan baik saat membakar sampah atau sengaja membakar rumput untuk membersihkan lahan. Karena dapat berakibat kebakaran membesar dan merembet ke tempat lain,” tandasnya

Hadir Kapolres Minahasa AKBP Denny Irawan Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol inf Slamet Raharjo SSos MSi, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sudjatmiko SH MH, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Koordinator BIN wilayah Minahasa Adri, Sekdakab Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Kepala Badan Kesbangpol Drs J Gumansing.

(Victory Buyung)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close