HOME

Silangen Apresiasi Kontribusi Komunitas Peduli Sungai Lestarikan Sumber Daya Air


INDIMANADO.COM, SULUT - Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen menghadiri rapat pembinaan kemitraan pemerintah, perguruan tinggi komunitas peduli sungai yang dirangkaikan dengan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai di Manado, Kamis (8/8/2019).

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Silangen mengingatkan pentingnya peranan sungai dalam mendukung kehidupan mahkluk hidup sehingga perlu dijaga agar tidak terjadi penurunan fungsi sungai yang dapat membuat kerusakan yang dampaknya perlu penanganan disertai dengan biaya yang besar pula.

Silangen mengapresiasi keberadaan Komunitas Peduli Sungai yang konsisten menjaga sumber daya air di Sulut.

“Sebagai wadah penjagaan kelestarian sungai dan pengelolaan risiko bencana di daerah aliran sungai dengan pendekatan ecosystem based, komunitas peduli sungai diharapkan dapat menumbuhkan komitmen serta meningkatkan kapasitas dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya air dan sungai di daerah dalam rangka gerakan pengurangan risiko bencana,” kata Silangen.

Silangen menuturkan, dalam pengelolaan sungai termasuk konservasi sungai, pengembangan sungai dan pengendalian daya rusak air, perlu partisipasi masyarakat.

“Saya mengharapkan peran aktif, sinergitas dan konsistensi dari semua pihak dalam melestarikan, mengelola sumber daya air, dengan terus menjaga kebersamaan kita,” imbuh Silangen.

Diketahui, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai, dijelaskan bahwa Pemerintah sesuai kewenangannya melakukan pemberdayaan masyarakat secara terencana dan sistematis dalam pengelolaan sungai, sehingga partisipasi masyarakat sangat penting dalam pengelolaan sungai.

Usai sambutan, ditempat yang sama, Sekdaprov Silangen mengukuhkan Komunitas Peduli Sungai di Sulut.

Silangen optimis dengan dikukuhkannya Komunitas Peduli Sungai dapat mendorong masyarakat semakin mandiri, aktif dan peduli untuk menjaga dan memelihara kelestarian sungai.

Rapat turut dihadiri para pejabat Pemprov Sulut dan pimpinan perguruan tinggi di Sulut.

(*/alfa jobel)

No comments

Silakan beri komentar anda