Demi Keselamatan Warga Sulut, OD-SK Kirim Tim ke Wamena Demi Keselamatan Warga Sulut, OD-SK Kirim Tim ke Wamena - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Demi Keselamatan Warga Sulut, OD-SK Kirim Tim ke Wamena

4 October 2019 | 22:07 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:39Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, telah mengakibatkan terjadi gelombang pengungsi yang sangat besar. Banyak warga, termasuk warga kawanua mengungsi, bahkan ingin keluar dari Wamena. Terutama warga yang trauma dengan kejadian kerusuhan tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap warganya, Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK), langsung bertindak cepat dengan menugaskan Tim Pemprov yang terdiri dari Kepala Badan Bencana Daerah Drs Joy Oroh, Kepala Badan Kesbang Drs Meky Onibala MSi dan Kepala Biro Pemerintahan DR Jemmy Kumendong MSi bersama Pejabat dari Dinas Sosial untuk meninjau sekaligus membawa bantuan kepada korban yang mengungsi. 



Tiba di Bandara Sentani, Tim Pemprov dijemput oleh para pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) di Papua bersama dengan ormas adat Minahasa dan langsung diarahkan menuju lokasi pengungsian di Dunlop Sentani. Sekitar 75 orang pengungsi melakukan dialog. Dari dialog tim mendapatkan masukan secara langsung, apa-apa yang dibutuhkan para pengungsi.

"Dari dialog yang dilakukan ternyata yang dibutuhkan adalah bagaimana caranya para pengungsi yang masih berada di Wamena untuk keluar, karena banyaknya pengungsi yang menunggu daftar tunggu. Kebutuhan makanan dan pakaian jadi prioritas," jelas Karo Pemerintahan, DR Jemmy Kumendong saat dihubungi via ponsel.



Atas perhatian pemerintah, para pengungsi menyatakan ucapan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Diketahui, selain misi membawah pulang warga kawanua, tim juga sekaligus membawah bahan pokok, dan kebutuahan lainnya.

Saat ini warga kawanua ditampung ditenda dan rumah pengungsian. Ada pula yang ke rumah keluarga, dan ada pula yang sudah pulang dan dipulangkan ke Manado.

"Selanjutnya Tim Pemprov juga berkunjung ke lokasi penampungan pengungsi asal Sulut di Kehiran Sentani. Hari ke dua Sabtu (5/10), rencananya Tim Pemprov akan menuju ke Wamena. Setiap perkembangan langsung dipaporkan kepada Pak Gubernur Olly dan Pak Wagub, Kandouw," kunci mantan Karo PemHumas ini.

(alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close