HOME

Fietber Raco: Pendidikan Moral dan Karakter Anak Jadi Tanggungjawab Bersama

Foto Istimewa

INDIMANADO.COM, AMURANG - Kriminalitas generasi muda akhir-akhir ini menunjukan peningkatan, terlebih yang terlibat adalah pelajar. Hal ini menunjukan moralitas generasi muda mulai luntur.

Terbaru kasus penikaman seorang Guru oleh seorang siswa yang berujung kematian di salah satu SMK di Manado.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Dr Fietber Raco, menegaskan pentingnya peran orang tua dan masyarakat dalam mendidik serta membentuk karakter anak.

“Artinya janganlah segala sesuatu menyangkut Pendidikan anak dibebankan ke pihak Sekolah dalam hal ini para Guru,” kata Raco.

Sebab menurutnya, waktu paling banyak anak dalam beraktifitas adalah di lingkungan rumah dan masyarakat bukan di lingkungan sekolah.

“Jadi intinya Pendidikan karakter dan moral tanggungjawab bersama,” tegasnya.

Disisi lain Raco menyayangkan kasus pembunuhan oleh siswa terhadap salah satu Guru SMK di Manado belum lama ini.

Menurut Kadispora Minsel, kejadian ini luar biasa mengerikan. Itu didasari oleh persoalan mental dan moral anak didik yang perlu diseriusi dan harus mendapatkan perhatian seluruh elemen, mulai dari pemerintah, pihak sekolah dan masyarakat. Apalagi anak-anak di zaman modern ini perlu pengawasan ekstra khusus sehingga tidak terjerumus ke tindakan negatif.

“Sekali lagi Pendidikan pihak Sekolah, pengawasan orang tua dan peran masyarakat sangatlah penting membentuk karakter anak didik menjadi lebih baik. Jika Pendidikan dilakukan bersama-sama, saya yakin anak didik akan tumbuh menjadi generasi muda yang unggul, hebat, berkualitas, bermoral dan memiliki budi pekerti yang baik,” pungkasnya.

(**)

No comments

Silakan beri komentar anda