HOME

Rakornas Dana Kampanye KPU se-Indonesia Dilaksanakan di Manado



INDIMANADO.COM, MANADO - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dana Kampanye dan Implementasi Pengendalian Internal Tahun 2019 dilaksanakan di Manado.

Kegiatan ini resmi dibuka, Rabu (9/10/2019) di Hotel Four Point, diikuti 34 Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan.

Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam sambutannya mengatakan rakornas akan membahas evaluasi dana kampanye pada Pemilu 2019 yang telah memasuki tahapan akhir.

“Tanggal 19 (Oktober) adalah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, jadi tinggal 11 hari lagi tahapan pemilu akan berakhir,” ujar Budiman.


Lanjutnya, evaluasi dana kampanye berupa pengawasan atau pengecekan internal terhadap tim yang bekerja di KPU, apakah sudah mampu menjalankan tugasnya dengan baik? Dia mencontohkan. Tim yang sudah ditunjuk untuk melakukan audit, apakah mampu menjalankan tugasnya dengan baik?

“Beberapa catatan masukan penting dari kalian nantinya akan menyempurnakan pengelolaan proses pelaporan dana kampanye, agar bisa disempurnakan lagi pada Pilkada serentak 2020,” terangnya.

Budiman berharap ada sistem dalam website KPU yang bisa melacak data dari seluruh parpol peserta pemilu, termasuk pelaporan dana kampanye. Dia mencontohkan ada satu folder yang sekali klik dan menampilkan seluruh informasi tentang dana kampanye, seperti pengeluaran uang parpol serta Capres dan Cawapres.

“Misalnya, 10 triliun (dana kampanye) lalu, diklik langsung gambarnya terurai partai politik nomor 1 dan nomor 2,” tandas Budiman.

Pemukulan tetengkoren yang dilakukan secara serentak oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU RI, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Komisioner KPU Sulut Divisi Pengawasan Meydi Tinangon dan Komisioner KPU Sulut lainnya membuka secara resmi rakornas.

(Asrar)

No comments

Silakan beri komentar anda