9 Penyakit Biasa "Mengincar" ASN 9 Penyakit Biasa "Mengincar" ASN - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

9 Penyakit Biasa "Mengincar" ASN

14 November 2019 | 00:10 WIB Last Updated 2019-11-13T16:10:32Z

INDIMANADO.COM, RATAHAN - Sebilan (9) Penyakit Tidak Menular (PTM) biasa mengincar Aparatur Sipil Negara (ASN). Sembilan penyakit tersebut antara lain; jantung, stroke, hipertensi, kanker rahim, kanker payudara, diabetes melitus dan obesitas, penyakit paru obstruktif kronik, asma dan katarak. Hal ini disebapkan pola kerja ASN dan gaya hidup tidak sehat.

"80 persen PTM terjadi disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat. Ada kalanya ASN sibuk tangani pekerjaan, seharian duduk di depan komputer sehingga lupa waktu, tidak terasa sudah sore. Kurang beraktifitas fisik, waktu makan tidak teratur dan hobi makan gorengan. Namun ada kalanya juga ASN kurang beristirahat karena lembur selesaikan tugas. Badan dipaksa kerja dan akhirnya jatuh sakit," kata dr Felisia Kalesaran MARS, saat membawakan materinya pada Rapat Kordinasi Tentang Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada ASN Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Tahun 2019.

Kegiatan yang digagas Bagian Kesejahteraan Rakyat itu dibuka Asisten 1 Jani Rolos di Sport Hal Kantor Bupati, Rabu (13/11/2019).

Menurut dr Felisia, PTM adalah 'silent killer'. Penyakit yang tidak terlihat, tidak terduga. Dua per tiga penderita tidak tahu bahwa dirinya menderita PTM.

"Sembilan penyakit tidak menular ini harus kita cegah. Rajin periksa tekanan darah sebulan sekali. Penyakit jantung dan stroke bisa terjadi karena kita punya sakit hipertensi tapi tidak minum obat teratur," pesannya.

Selain itu, dia juga menghimbau jajaran ASN Mitra untuk keluar dari kebiasaan buruk hidup tak sehat, dengan secara bertahap dan tekun menerapkan pola hidup sehat, baik di lingkungan kerja maupun saat di rumah.

"PTM terjadi karena diet tidak sehat, kurang mengonsunsi buah dan sayur, aktifitas fisik kurang, kurang istirahat, rokok, alkohol. Rokok dan obesitas faktor yang paling pengaruh," terangnya.

"Mari kita mulai kebiasaan hidup sehat," ajak dr Felisia.

Sementara, Kabag Kesejahteraan Rakyat Rine Komansilan SPd mengatakan, sasaran kegiatan itu meningkatkan kesadaran ASN agar peduli pada kesehatan di lingkungan kerja, serta peduli pada kesehatan pribadi.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan tentang perilaku sehat di kalangan ASN yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara," tandasnya.

(Bill)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close