HOME

Berkat Perjuangan OD-SK, Mr Alexander Andries Maramis Akan Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional 


INDIMANADO.COM, SULUT - Tokoh asal Sulawesi Utara (Sulut), Mr. Alexander Andries Maramis akan dianugrahi gelar Pahlawan Nasional Tahun 2019.

"Besok Jumat 8 November pukul 13.30 WIB penganugrahannya akan dilaksanakan di Istana Negara," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulut, Rinny Tamuntuan, Kamis (7/11/2019) malam.

Tamuntuan mengatakan bahwa pihaknya telah menerima undangan dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia terkait penganugrahan tersebut.

Sesuai undangan, ia sendiri akan mendampingi Gubernur Olly Dondokambey untuk menghadiri acara Penganugerahan Pahlawan Nasional di Istana Negara.

Tamuntuan menjelaskan, persetujuan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional sudah diputuskan berdasarkan hasil pertemuan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Joko Widodo, pada tanggal 6 November 2019. Usulan gelar ini juga berdasarkan Surat Mensos RI Nomor 23/MS/A/09/2019 tanggal 9 September 2019 perihal usulan calon Pahlawan Nasional Tahun 2019.

"Ini berkat perjuangan Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Bapak Wakil Gubernur Steven Kandouw. Tujuh tahun lalu sudah sempat diusulkan, namun tahun 2019 baru diterima karena berkat perjuangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw," terang Tamuntuan.

"Jadi usulan atas nama Mr. Alexander Andries Maramis telah mendapat persetujuan untuk dianugrahi gelar Pahlawan Nasional tahun 2019," tambahnya.

Menurutnya, penganugrahan ini suatu kebanggaan. "Penganugrahan ini tentunya suatu kebanggaan Sulawesi Utara, kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara," pungkas Tamuntuan.

Mr. Alexander Andries Maramis lahir di Manado, Sulawesi Utara, 20 Juni 1897. Ia meninggal di Jakarta, 31 Juli 1977 pada umur 80 tahun.

Mr Alexander Andries Maramis adalah pejuang kemerdekaan Indonesia. Dia pernah menjadi anggota BPUPKI dan KNIP. Ia juga pernah menjadi Menteri Keuangan Indonesia dan merupakan orang yang menandatangani Oeang Republik Indonesia pertama.

Keponakan Pahlawan Nasional Indonesia, Maria Walanda Maramis ini menyelesaikan pendidikannya dalam bidang hukum pada tahun 1924 di Belanda.

(alfa jobel)

No comments

Silakan beri komentar anda