HOME

Dua Pendaki di Gunung Klabat Dievakuasi Tim SAR Gabungan


INDIMANADO.COM, MINUT - Dua orang pendaki gunung Klabat yang mengalami sakit dan kelelahan berhasil diselamatkan oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Manado, Potensi SAR Unklab serta keluarga korban, Minggu (10/11/2019) sekira pukul 05.00 WITA.

Keduanya pendaki tersebut adalah Novita Sarempa (37) dan Daud (29). Keduanya berdomisili di Kelurahan Titiwungan Selatan, Lingkungan I, Kecamatan Sario Kota Manado.

Kepala Basarnas Manado, Darmada mengatakan, sebelumnya ada laporan dari salah seorang pendaki. Dia mengatakan salah seorang rekan perempuannya mengalami cedera di kaki dan tak bisa melanjutkan perjalanan. Sedangkan yang lainnya juga mengalami kelelahan.

“Saat menerima laporan ada 7 orang pendaki disitu, mereka mengatakan berada pada ketinggian 1.900 MDPL,” ujar Darmada.



Tim langsung bertindak. Memang banyak kendala yang ditemui Tim SAR Gabungan saat menuju lokasi. Selain hujan lebat, jalur yang dilalui licin.

“Kendala lain karena tim harus menerobos hutan yang masih lebat sehingga sedikit mengalami keterlambatan tiba ke lokasi,” terang Darmada.

“Mereka akhirnya ditemukan pada ketinggian sekitar 1.300 MDPL. Tim juga mengalami kesulitan karena harus menggendong wanita yang mengalami cedera di kaki. Terkadang juga tim harus memapah serta menggunakan tandu darurat karena menyesuaikan kondisi dan kenyamanan korban,” lanjut Darmada.

Dengan kejadian ini, Darmada menghimbau kepada seluruh pencinta alam yang suka mendaki gunung untuk menyiapkan fisik dan stamina, serta mengenal karakter gunung yang harus didaki, agar disaat melakukan pendakian bisa sesuai dengan harapan.

“Ini dimaksudkan agar pendakian bisa berhasil dan meminimalisir terjadi adanya cedera dan kelelahan serta tidak tersesat,” harap Darmada.

(Asrar)

No comments

Silakan beri komentar anda