HOME

Kasdam XIII Merdeka Pimpin Sidang Pantukhir Calon Tamtama TNI AD Sumber Pulau Terluar 2019


INDIMANADO.COM, SULUT - Sebanyak 50 orang calon Tamtama PK TNI AD sumber Pulau Terluar TA 2019, Subpanpus Kodam XIII/Merdeka, mengikuti sidang pemilihan tingkat pusat yang digelar di Aula Grhadika Jaya Sakti, Kodam XIII/Merdeka, Rabu (30/10/2019).

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan memimpin sidang Penilaian Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) ini.

Brigjen TNI Fajar Setyawan saat membacakan sambutan tertulis Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, penerimaan calon prajurit sumber pulau terluar adalah upaya untuk merekrut putra daerah yang berdomisili di pulau-pulau terluar.

“Ini adalah sebagai salah satu solusi guna mengakomodasi kesulitan mereka (putra daerah) untuk mengikuti proses seleksi secara reguler,” ujar Kasdam.

Menurutnya, hanya pendaftar yang memiliki keturunan biologis dan suku asli daerah pulau terluar yang bisa mengikuti seleksi penerimaan ini. “Keturunan biologis bisa dari bapak atau ibu calon serta berdomisili di daerah tersebut,” terang Fajar.

Sementara kepada panitia penentu akhir, menurut Fajar, Pangdam XIII/Merdeka menekankan beberapa hal penting seperti harus memegang teguh norma dan aturan seleksi yang berlaku secara objektif. Kemudian juga harus transparan dan akuntabel.

“Diskusikan juga setiap permasalahan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Lalu, jangan ada yang menjadi calo dan meminta bayaran kepada para calon,” tutup Kasdam XIII/Merdeka.

Sidang pemilihan tingkat pusat diikuti 50 calon siswa, dan akan diseleksi lagi menjadi 20 siswa yang akan masuk pendidikan sesuai alokasi penerimaan. Sebelumnya calon Tamtama tersebut telah melewati berbagai seleksi dari seleksi Administrasi, Kesehatan, Kesemaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi dan Kesehatan kedua.

Turut hadir dalam pembukaan sidang pemilihan tingkat pusat penerimaan Calon Tamtama TNI-AD sumber pulau terluar TA 2019, Irdam XIII/Merdeka, Pengawas dari Itjenad, Danrindam XIII/Merdeka dan tim Pemeriksa.

(Asrar)

Komentar