Capaian Program Unggulan Komoditi Pertanian Sulut Tetap Survive Capaian Program Unggulan Komoditi Pertanian Sulut Tetap Survive - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Capaian Program Unggulan Komoditi Pertanian Sulut Tetap Survive

29 July 2021 | 03:13 WIB Last Updated 2021-07-28T19:13:45Z
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Istri, Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan saat menanam kentang di Desa Makaroyen, Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan.

INDIMANADO.COM - Walaupun terbatas oleh Pandemi Covid-19, spirit kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey - Wakil Gubernur Steven Kandouw tetap menyalah. 

Program unggulan tetap bergairah, dan salah satu misi pencapaian yang sangat memuaskan dengan Penguatan ekonomi, salah satu nya bertumpu pada industri Pertanian dimana nilai ekspor komoditas pada triwulan pertama 2021 mencapai Rp1,3 triliun, yang  pencapaiannya meningkat 170% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yang hanya Rp. 500 miliar.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Istri, Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan saat menanam jagung.

Potensi besar yang dimiliki Sulut saat ini  pengembangan tanaman jagung, yang dikembangkan melalui program perbenihan terus di genjot, hal ini dalam menjawab kebutuhan daerah Sulawesi Utara maupun sekitarnya.

Pesan Gubernur, kita boleh saja mengembangkan komoditas lain tapi jangan lupakan "Jagung", bahwa jagung selalu menjadi "primadona" usaha pertanian rakyat Sulawesi Utara.


Terbukti membuahkan hasil, pencapaiannya sangatlah membanggakan.

Menurut Kadis Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi sulut, Ir. Novly Wowiling, indikasi keberhasilan lainnya seperti jumlah sertifikat Karantina triwulan I 2021 naik sebesar 79 % dibanding periode yang sama 2020 hanya 7.163 sertifikat.

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat panen jagung di Kabupaten Minahasa.

"Kenaikan ini mengindikasikan peningkatan perdagangan produk pertanian di Sulut baik domestik maupun ekspor," ujarnya.

Tahun 2021 Semester I triwulan 1 dapat digambarkan bahwa sektor Pertanian di masa Pandemi Covid-19 tetap memberikan kontribusi yang positif, antara lain capaian:

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen saat menanam padi dalam rangka pencanangan gerakan percepatan olah tanah dan penanaman padi di Desa Touliang, Minahasa.

Produksi Padi, Produksi Jagung (Pipilan Kering), Produksi Kedelai (Pipilan Kering),
Produksi Komoditi Hortikultura Cabe Besar, Tomat, Bawang Merah.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Istri, Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan saat panen bawang merah.

Dilihat dari struktur PDRB dan pertumbuhan ekonomi menurut lapangan usaha yaitu, struktur PDRB di Sulawesi Utara sektor Pertanian menempati urutan pertama dengan nilai pertumbuhan 21,7 %.

(Advetorial Diskominfo)




CLOSE ADS
CLOSE ADS
close