69 Mahasiswa Unhan Study Visit di Lantamal VIII Manado 69 Mahasiswa Unhan Study Visit di Lantamal VIII Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

69 Mahasiswa Unhan Study Visit di Lantamal VIII Manado

20 November 2019 | 22:55 WIB Last Updated 2020-01-26T19:35:06Z

INDIMANADO.COM, SULUT - 69 orang mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) melakukan “Study Visit” ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado. Rombongan yang dipimpin Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan, Laksamana Pertama TNI Edi Suhardono, disambut oleh Wadanlantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo di Lobi Mako Lantamal VIII, Jalan Yos Sudarso, Kairagi Weru Paal Dua, Manado, Rabu (20/11/2019).

Danlantamal VIII, Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mosez Sipasulta dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aspotmar Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Rumpoko menyebut Lantamal VIII akan memfasilitasi para mahasiswa Unhan untuk mendapatkan penjelasan tentang fungsi dan peran Lantamal VIII dalam mendukung unsur-unsur operasional di laut serta mendukung kebijakan pimpinan TNI dan TNI AL.

“Misalnya, bagaimana meningkatkan kesiap-siagaan mobilitas satuan operasional, meningkatkan profesionalisme prajurit dan meningkatkan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya,” ujar Rumpoko.

Rumpoko mengatakan, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan yang luas sehingga dapat memberikan gambaran tentang peran instansi pemerintah dan militer dalam menjalankan strategi pencegahan dan penanggulangan ancaman di bidang keamanan serta memperkuat pertahanan negara terutama di daerah perbatasan.

“Danlantamal berharap mahasiswa nantinya bisa menyerap semua materi yang diberikan,” harap Rumpoko lagi.

Sementara itu, mahasiswa Unhan yang ikut dalam rombongan, menurut Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan, terdiri dari lima program studi yaitu Prodi Strategi Pertahanan Semesta, Strategi Kampanye Militer, Peperangan Asimetris, Diplomasi Pertahanan, Strategi Pertahanan Laut. Termasuk diantara yang datang kesini adalah mahasiswa Pascasarjana Fakultas Strategi Pertahanan.

Untuk Study Visit ini lanjutnya, juga akan melakukan kunjungan kepada Gubernur Sulut, Kodam XIII/Merdeka, Polda Sulut, dan Lanudsri. “Nantinya mahasiswa akan menerima pengarahan dengan tema sinergisme pemerintah provinsi dan TNI Polri dalam menghadapi potensi ancaman di wilayah Provinsi Sulut,” terang Laksamana Pertama TNI Edi Suhardono.

“Study Visit ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa pasca sarjana fakultas edukatif transformatif serta memberikan suasana baru dalam bidang ilmu pertahanan negara agar semakin sempurna,” pungkas Suhardono.

Dalam kunjungan tersebut juga diisi dengan beberpa kegiatan diantaranya paparan tentang tugas pokok serta fungsi Lantamal VIII secara garis besar. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab yang dipandu Aspotmar Danlantamal VIII.

Pada kegiatan tersebut turut serta dalam rombongan Mahasiswa para dosen Unhan diantaranya Mayjen Purn (Mar) Syaiful Anwar, Laksma TNI Muhammad Faisal, Kolonel Inf Agus Nanya, Kolonel Laut (KH/W) Christine Sri Marnani, Kolonel Pas Bastari, Kolonel Czi Wayan Nuriada, Kolonel Caj Suryanto, Kolonel Arm Ridwan Gunawan, Kolonel Lek Haposan Simatupang, Kolonel Laut (T) Dohar Sianturi, Kolonel Laut (E) Lukman Yudho P, Kolonel Laut (E) Suhartotok, Letkol Inf Sugiri dan Letkol Sus Halkis.

Sedangkan Wadanlantamal VIII pada kesempatan tersebut didampingi Aspotmar Danlantamal VIII, Asrena Danlantamal VIII, Aslog Danlantamal VIII, Aspers Danlantamal VIII, Danyonmarhanlan VIII, Paban Srena Lantamal VIII, Pabanlid Sintel serta Kadiskum Lantamal VIII.

(Asrar)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close