Himbauan MPH-PGI Terkait Virus Corona Himbauan MPH-PGI Terkait Virus Corona - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Himbauan MPH-PGI Terkait Virus Corona

15 March 2020 | 17:03 WIB Last Updated 2020-03-15T09:11:50Z

INDIMANADO.COM, JAKARTA - Akhir-akhir ini banyak negara dirisaukan dengan fenomena muncul dan tersebarnya COVID-19  atau yang kerap disebut virus Corona. Seperti diketahui, infeksi COVID-19 terjadi pada akhir 2019; bermula dari kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Wuhan, China, hingga menjadi masalah kesehatan dunia.

Sementara itu, pada 2 Maret 2020, Presiden Jokowi telah mengumumkan terjadinya kasus perdana penularan virus COVID-19 di Indonesia, sehingga menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat.

Menyikapi kondisi ini, Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH-PGI) menghimbau kepada seluruh Gereja-gereja  di Indonesia untuk tidak panik atau memberikan reaksi yang berlebihan, senantiasa tenang dan berdoa, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Selalu menjaga pola hidup sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air putih minimal 8 gelas per hari, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan tidak merokok.
  2. Selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, tempat ibadah dan tempat kerja.
  3. Menggunakan masker saat batuk, atau menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam.
  4. Menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit dengan gejala seperti demam, flu, batuk kering dan sesak nafas.
  5. Makan makanan dan minum minuman yang dimasak sempurna.
  6. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktifitas baik di dalam dan di luar rumah.
  7. Bila demam, batuk atau kesulitan bernapas segera menghubungi dokter atau fasilitas kesehatan.
  8. Gereja sebaiknya menyediakan hand sanitizer pada beberapa titik di sekitar tempat ibadah, serta menyediakan pelindung mikrofon sekali pakai (berbentuk foam) yang sewaktu-waktu dapat diganti. Sebaiknya pula aktivitas kontak langsung sesama warga jemaat dalam persekutuan dan pelayanan dapat diupayakan dengan cara yang lebih aman.
  9. Memperhatikan informasi dan panduan resmi dari Pemerintah atau lembaga-lembaga terpercaya– terkait pencegahan dan penanganan penularan COVID-19.

Marilah kita bersama mendokan agar Indonesia dan negara lainnya dipulihkan serta diluputkan dari ancaman wabah COVID-19; demikian pula Roh Tuhan menganugerahkan kebijaksanaan-Nya kepada pemerintah dan seluruh elemen bangsa dalam menggumuli masalah ini.

Atas doa dan perhatian yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

a.n Majelis Pekerja Harian PGI

Pdt. Gomar Gultom
Ketua Umum

Pdt. Jacklevyn F.  Manuputty
Sekretaris Umum

Berita ini dirilis MPH-PGI, 6 Maret 2020 dengan Judul "HIMBAUAN MAJELIS PEKERJA HARIAN PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA DI INDONESIA (MPH-PGI)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close