Berhasil Bujuk Pasien Covid-19 untuk Diisolasi, Bintara Polisi ini Diganjar Penghargaan Berhasil Bujuk Pasien Covid-19 untuk Diisolasi, Bintara Polisi ini Diganjar Penghargaan - Media Independen

TERKINI

Iklan

Berhasil Bujuk Pasien Covid-19 untuk Diisolasi, Bintara Polisi ini Diganjar Penghargaan

indimanado.com
22 May 2020, 14:52 WIB Last Updated 2020-05-22T14:16:50Z

INDIMANADO.COM, BITUNG – Siapa yang tidak menyangka, pengawalan terhadap seorang pasien positif Covid-19 berbuah penghargaan. Hal itulah yang diterima Bripka Ronald Walah, personil Polsek Aertembaga Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

Penghargaan berupa piagam itu didapatkannya dari Wali Kota Bitung, Maxmilian Lomban yang diserahkan di lapangan apel Mapolres Bitung, Rabu (20/5/2020) petang.


Bripka Ronald memang tidak sendiri. Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo, Kapolsek Aertembaga AKP May Diana Sitepu dan Kanit Reskrim Polsek Aertembaga Aipda Tomy Toar, juga ikut menerima penghargaan dari orang nomor satu di ‘Kota Cakalang’ tersebut.



Oleh Wali Kota Bitung, keempatnya dianggap telah melaksanakan tugas dengan dedikasi dan loyalitas kerja yang baik, serta kesetiaan dan keberanian dalam mengawal pasien positif Covid-19. Penyerahan piagam penghargaan tersebut disaksikan oleh Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat dan seluruh Pejabat Utama Polres Bitung.

Bripka Ronald yang juga Kanit Intelkam Polsek Aertembaga berhasil mengawal pasien Covid-19 pertama di Kota Bitung untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. RD Kandou Malalayang di Manado, 8 April 2020 lalu. Memang tidak gampang untuk membujuk pasien nomor sembilan yang tercatat di Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut itu.




Pasalnya, pasien sudah dipulangkan setelah menjalani karantina selama 14 hari. Setelah hasil SWAB pasien dinyatakan positif, Bripka Ronald Walah dan Kapolsek Aertembaga berhasil membujuknya untuk menjalani isolasi kembali.

Dua hari sebelumnya, Bripka Ronald Walah bersama Kapolsek Aertembaga AKP May Diana Sitepu dan Kanit Reskrim Polsek Aertembaga Aipda Tomy Toar telah menerima penghargaan yang sama dari Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo, berdasarkan SKEP/06/V/2020, tanggal 15 Mei 2020. Piagam penghargaan itu diserahkan oleh Waka Polres Bitung, Kompol M Aritonang.

Jauh sebelumnya, Bripka Ronald Walah juga pernah membawa Polsek Aertembaga sebagai Juara I Polsek sebagai Basis Deteksi (PSBD) tingkat Polda Sulut. Penghargaan itu diserahkan pada HUT Bhayangkara, 1 Juli 2019 lalu, oleh Kapolda Sulut saat itu, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto di Mapolda Sulut.



Polsek Aertembaga dinilai berhasil menjalankan fungsi deteksi dini potensi rawan keamanan, terutama selama proses Pemilu 2019. Kecamatan Aertembaga, Bitung pun menjadi wilayah dengan situasi aman dan damai selama berlangsungnya pemilu karena kunjungan dan sosialisasi yang intensif ke tengah-tengah masyarakat.

Kepada indimanado.com, Bripka Ronald Walah mengaku tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan itu. Baginya, ia hanya melaksanakan tugas yang diberikan pimpinan.

"Jadi usai pengawalan, saya bersama Kanit Reskrim serta Kapolsek langsung melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," akunya.

Dia juga bersyukur karena hasil rapid tes yang dilakukan pada hari kedelapan masa isolasi, dinyatakan negatif. "Tes dan isolasi kami lakukan guna mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah corona kepada rekan-rekan kerja di Polsek Aertembaga dan Polres Bitung," katanya.

Bripka Ronald juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo dan Wali Kota Maxmilian Lomban karena telah mengapresiasi pelaksanaan tugas yang telah dijalankan Polsek Aertembaga dalam mengawal pemerintah untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

"Secara pribadi dan keluarga saya sangat berterima kasih. Penghargaan ini akan menjadi pelecut semangat untuk terus memberikan pengabdian kepada Polri dan masyarakat," pungkas bintara angkatan 2002 yang tergabung dalam Resimen Satya Dharma Bhayangkara (SDB)/Two Thousand and Two (TTNT).

(acha)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close