Tambang Ratatotok Rusuh Tambang Ratatotok Rusuh - Media Independen

TERKINI

Iklan

Tambang Ratatotok Rusuh

indimanado.com
14 June 2020, 23:38 WIB Last Updated 2020-06-14T15:38:10Z

Situasi Pertambangan di Wilayah Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (14/6/2020) malam ini, rusuh.

Informasi yang dirampung indimanado.com, dan dari video yang beredar baru-baru ini, sejumlah penambang dari warga Mitra dan luar Mitra memadati ruas jalan di Ratatotok sambil memegang senjata tajam. Terlihat juga aparat keamanan di lokasi tersebut. Namun hingga saat ini belum diketahui penyebap kekacauan tersebut.

Diketahui lokasi pertambangan sebagian berada di Wilayah Kebun Raya Megawati, dan sebagian berada di lokasi Nibong, Wilayah ex Newmont.

Konfirmasi kepada Kepala UPTD Kebun Raya Megawati, Arnold Tambuwun, Minggu (14/6/2020) hingga saat ini, situasi masih panas, belum terkendali.

"Kita memang belum dapat melaporkan secara detail situasi saat ini. Posisi kita juga sekarang sudah bergeser karena melihat situasi yang sudah memanas dari dua kelompok penambang yang belum tahu pasti apa akar pertikaian tersebut," terang Tambuwun.

"Namun saat ini sudah ada pihak aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan aparat desa yang berjaga," tambah Tambuwun.

Tambuwun mengjelaskan personil gabungan tengah berjaga dan terus berusaha mengamankan situasi yang terus memanas.

"Untuk itu, akses masuk dijaga ketat dari amukan kedua kelompok yang bertikai," tandasnya.

Menjaga stabilitas keamanan, besok, Senin (15/6/2020), akses masuk kebun raya ditutup.

"Besok kita tutup total akses masuk wilayah kebun raya."

Menurutnya, sekarang memang ada perbaikan jalan diruas masuk wilayah ini, dan para pekerja sangat terganggu dengan aktifitas penambang di sekitar lokasi.

Sementara itu, Kepala Kepolisian (Kapolsek) Ratatotok IPTU, Stanly Korua saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sementara melakukan pengamanan.

"Sementara ini kita lakukan pengaman bersama masyarakat. Nanti akan diinformasikan lagi," singkat Kapolsek Ratatotok.


(Bill)

Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close