Aprilia Manganang Sempat Curhat Ingin Berhenti Sebagai Anggota TNI AD Aprilia Manganang Sempat Curhat Ingin Berhenti Sebagai Anggota TNI AD - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aprilia Manganang Sempat Curhat Ingin Berhenti Sebagai Anggota TNI AD

11 March 2021 | 00:42 WIB Last Updated 2021-03-10T16:42:27Z

 

Noufi Karamoy,  guru di SMA Negeri 1 Manado (Foto Bhansu)

INDIMANADO.COM, Manado  - Serda (Sersan Dua) Aprilia Manganang mengaku ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD). Hal itu disampaikannya kepada Noufi Karamoy,  guru di SMA Negeri 1 Manado tempat Aprilia bersekolah hingga tamat di tahun 2011 dan sudah dianggap seperti saudara sendiri karena sejak sekolah hingga lulus, Aprilia tinggal di rumahnya.


"Bulan Februari lalu dia datang, dia telepone saya ingin ketemu. Jadi dia datang kemudian dia menyampaikan bahwa dia mengambil keputusan mau mengundurkan diri dari angkatan darat dan harus berhenti dari Voley," tutur Noufi, Rabu (10/3/2021).


Alasan dia mundur katanya karena dia merasa masuk di Angkatan Darat sebagai perempuan sehingga dia berpikir kalau dia menyampaikan bahwa dia laki-laki mungkin dia tidak akan diterima lagi.


"Tapi saya dengar dari KSAD mungkin mereka bisa akan menolong, siapa tahu mungkin bisa dialihkan mungkin ke laki-laki atau apa, terserah keputusan mereka," kata Noufi.


Noufi mengaku sempat memberi nasehat kepada Aprilia untuk berpikir baik-baik karena profesi itu yang mengangkat derajatnya, dari situ dia dapat berkat.


"Tetapi dia mengatakan selama ini sih bu kata hatinya sudah bertentangan, karena menurutnya, dia sudah memeriksakan diri ke dokter bahwa memang kelamin laki-lakinya itu lebih dominan dibanding perempuan, dan memang selama di rumah dia tidak pernah menstruasi, dan tidak ada payudara, memang tidak ada sama sekali," jelas Noufi.


"Yang pasti sih waktu lalu dia sempat mengeluh, maka saya bilang ya kalau seperti itu mengalir dulu karena kalau bukan kamu jadi seperti ini mungkin kamu tidak akan seterkenal ini dan kamu punya berkat kamu dapatkan di sini," tambah Noufi.


Diketahui, Serda Aprilia Manganang menderita hipospadias sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.


Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan serius.


(ss)



CLOSE ADS
CLOSE ADS
close