Kapolri Listyo dan Gubernur Olly Jamin Keamanan Jumat Agung dan Paskah di Sulut Kapolri Listyo dan Gubernur Olly Jamin Keamanan Jumat Agung dan Paskah di Sulut - Informasi Seputar Indonesia

TERKINI

Iklan

Kapolri Listyo dan Gubernur Olly Jamin Keamanan Jumat Agung dan Paskah di Sulut

indimanado.com
5 April 2021, 12:27 WIB Last Updated 2021-04-05T04:31:11Z


INDIMANADO.COM - Gerak cepat pemerintah dalam mengantisipasi aksi teror di Indonesia patutlah mendapat acungan jempol. Pemerintah dengan sigap mampu mengidentifikasi dan bahkan meningkatkan kewaspadaan serta menjamin keamanan sampai di daerah.

Termasuk di provinsi Sulawesi Utara yang merupakan salah satu daerah yang sangat dikenal dengan kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang tinggi.

Bukti kongkret gerak cepat ini dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kamis (1/4/2021) Gubernur Olly bersama Kapolri Listyo turun langsung memantau jalannya ibadah di beberapa gereja di Bumi Nyiur Melambai.


Gubernur Olly dan Kapolri Listyo turun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk mamantau situasi dan memastikan kesiapan pengamanan jelang Jumat Agung dan Hari Raya Paskah di Kota Manado.

Tak hanya itu, disela-sela kunjungan kerja, Kapolri Listyo bersama Gubernur Olly menyempatkan diri mengikuti perayaan Misa Kamis Putih bersama dengan umat Katolik di Gereja Katedral Manado.

Usai mengikuti perayaan misa Kapolri menjelaskan bahwa pihak keamanan memastikan perayaan Tri Hari Suci (Misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah) bagi umat Kristen dapat berjalan dengan baik.


“Kami ingin memastikan bahwa kegiatan perayaan mulai dari Misa Kamis Putih, Jumat Agung, dan Minggu Paskah berjalan dengan baik,” katanya.

Hadirnya pemerintah ditengah aksi teror pun mampu meminimalisir keresahan umat jelang perayaan ibadah memperingati Jumat Agung dan merayakan hari raya Paskah sehingga umat merasa terjaga, aman dan terlindungi.

"Kehadiran Kapolri penting, karena ada jaminan keamanan," kata Gubernur Olly diselah-selah kegiatan pemanatauan bersama Kapolri dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut.


“Komitmen aparat keamanan TNI/Polri begitu cinta dengan rakyat Sulut sehingga mereka melihat langsung perayaan keagamaan kamis putih bersama dengan perayaan jumat agung,” sambungnya.

Patut diapresiasi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur, Wakil Gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut mampu bersinergi, berjalan bersama melihat dari dekat situasi dan kondisi pelaksanaan ibadah di Gereja termasuk penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Inilah yang menjadikan Sulawesi Utara semakin besar di mata dunia, karena dalam keragaman mampu menciptakan situasi yang kondusif.


Komitmen Gubernur Olly dan Wagub Steven Kandouw yang tiada henti membuat masyarakat bangga dengan kinerja pemerintah provinsi Sulut dengan selalu mengedepankan kepentingan jemaat, umat dan masyarakat Sulut seutuhnya.

Bahkan pada Minggu (4/4/2021), Gubernur Olly bersama Forkopinda Sulut masih mengecek langsung situasi dan kegiatan pengamanan di beberapa gereja di Kota Manado.

Pengecekan dilakukan oleh Gubernur Olly bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlanudsri Marsma TNI M. Satriyo Utomo, dan Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya.


Pengecekan dilakukan di tiga lokasi secara berturut-turut, yakni Gereja Katolik Paroki St. Ignasius Jalan Maria Walanda Maramis, Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Sentrum Jalan Sarapung, dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pusat Jalan Sam Ratulangi.

Dari peninjauan, rangkaian ibadah Paskah hingga malam berjalan dengan baik. “Dan kita berharap sampai dengan ibadah Paskah kedua besok (Senin hari ini) juga berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Gubernur Olly di depan GPdI Pusat.

Pada kesempatan ini, Gubernur Olly juga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik dalam kegiatan ibadah maupun aktivitas sehari-hari.


“Tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Juga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kegiatan-kegiatan di sekitar kita. Dan tidak perlu khawatir karena aparat keamanan beserta stakeholders di Sulawesi Utara selalu siap siaga,” pesan orang nomor satu Sulut ini. (Advetorial)

Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini