Jasa Raharja Gandeng ITB dan Unpad Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Jasa Raharja Gandeng ITB dan Unpad Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jasa Raharja Gandeng ITB dan Unpad Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas

28 March 2022 | 12:57 WIB Last Updated 2022-03-28T04:57:20Z

 

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang (Foto Istimewa)


INDIMANADO.COM, Bandung - Jasa Raharja bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran tentang Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman pada Selasa 22 Maret 2022.


Kesepahaman ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan kerjasama antara Jasa Raharja dan kalangan akademisi dalam Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas untuk mengajak generasi muda untuk lebih peduli dengan keselamatan lalu lintas.


Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, Bapak Prof. Ir. I Gede Wenten, M. Sc., Ph. D dan Rektor Universitas Padjajaran, Ibu Prof Dr Rina Indiastuti M.Sie.


"Kami berharap akan terbentuk suatu Unit Kegiatan Mahasiswa dengan anggota para millenials yang concern terhadap keselamatan lalu lintas (Millenial Road Safety Hero)," kata Munadi Herlambang Dalam keterangan persnya, Senin (28/3/2022).



MoU tersebut kata dia menjadi langkah awal Jasa Raharja bersama perguruan tinggi yang menghasilkan ambassador safety riding khususnya di kota Bandung, dan diharapkan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Mengingat hal ini menjadi isu global dan di Indonesia, kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu faktor penyebab angka kematian terbesar, dimana korban didominasi oleh usia pelajar dan mahasiswa.


Roadmap kerjasama tersebut yakni :


1. Literacy, dimana mahasiswa akan diajak untuk memiliki experience terhadap isu￾isu lalu lintas, mengetahui fatalitas kecelakaan, yaitu dengan bersentuhan langsung dengan stakeholder terkait, misalkan dengan mengunjungi korban laka/ ahli waris, mengetahui proses pemeriksaan kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.


2. Creative Campaign, mahasiswa akan kami ajak untuk membuat kampanye keselamatan yang kreatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib lalu lintas.


3. Research dan internship, yaitu dengan mengajak mahasiswa terlibat lebih dengan membuat penelitian mengenai keselamatan sesuai dengan latar belakang akademis masing-masing. Perolehan data dapat dilakukan melalui magang pada jaringan JR (kantor JR/samsat/satlantas), atau juga opsi lain misalkan dengan membangun command center yg dapat merating kondisi jalan.


4. Seminar, yaitu mahasiswa melakukan publikasi jurnal dan menggelar seminar hasil penelitian yang telah dilakukan.

5. Youth Innovation, yaitu event tahunan yang diadakan oleh Jasa Raharja. Pada youth innovation ini akan diselenggarakannya kompetisi atas hasil inovasi mahasiswa dari berbagai Universitas yang direncanakan terlaksana pada bulan Agustus 2022 ini.


“Muara dari roadmap kerjasama ini nantinya adalah Youth Innovation dimana dengan event ini diharapkan akan ada inovasi-inovasi baru dari generasi muda untuk yang dapat diaplikasikan untuk mewujudkan keselamatan lalu lintas” tambah Munadi.


Jasa Raharja memberikan dukungan dalam kegiatan Youth Innovation diantaranya dengan memberikan kesempatan magang di kantor Jasa Raharja, mengedukasi melalui kurikulum keselamatan lalu lintas, kolaborasi dengan Jasaraharja Putera memberikan perlindungan asuransi umum/tambahan serta beasiswa bagi mahasiswa yang menjuarai ajang ini.


“Selain sebagai ajang kompetisi, youth inovation juga mempunyai tujuan yang lebih besar yaitu bagaiman agar inovasi yang dilahirkan bisa diaplikasikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat," tutup Munadi. 


(***/Han)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close