Pimpin Renungan Suci, Wagub Kandouw: Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Pahlawan Pimpin Renungan Suci, Wagub Kandouw: Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Pahlawan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pimpin Renungan Suci, Wagub Kandouw: Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Pahlawan

17 August 2022 | 09:36 WIB Last Updated 2022-08-17T01:36:17Z
Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw saat memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahalawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (17/8/2022).


MANADO, (indimanado.com) -  Mengenang jasa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahalawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (17/8/2022).

Apel dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw tepat pukul 00.00 Wita.

Dengan penuh khidmat dan khusyuk seluruh jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen dan Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi mengikuti tahap demi tahap Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Apel ini diawali dengan perhormatan kepada Arwah Pahlawan, lalu Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Doa dan Penghormatan kepada Arwah Pahlawan.

Wagub Kandouw selaku inspektur upacara membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian tehadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa," ucap Kandouw dalam pembacaan teks tersebut.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan dalam kebhaktian yang suadara-saudara tempuh, adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah sodara-sodara pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya," lanjutnya.

Apel kehormatan dan renungan suci itu kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor yang mengitari monumen di TMP Kairagi.

Wagub menyampaikan penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Saat mengheningkan cipta, seluruh peserta apel menundukkan kepala mendoakan arwah para pahlawan yang telah rela berkorban dengan tulus ikhlas merebut kemerdekaan RI.

"Ini bentuk penghormatan kami terhadap pejuang bangsa telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Bangsa besar adalah Bangsa yang menghormati jasa pahlawannya," kata Kandouw.

Diketahui, pahlawan yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado berasal dari TNI-Polri, pejuang rakyat dan warga sipil.

Adapun Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan rangkaian HUT ke-77 RI yang berlangsung di seluruh Indonesia. (*/ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close