KPU Sulut Gelar Rakor Verifikasi Vaktual Partai Politik 2024 KPU Sulut Gelar Rakor Verifikasi Vaktual Partai Politik 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Sulut Gelar Rakor Verifikasi Vaktual Partai Politik 2024

14 October 2022 | 10:47 WIB Last Updated 2022-10-14T02:47:01Z
KPU Sulut mengelar Rapat Koordinasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Kamis (13/10/2022) yang digelar di Hotel Luwansa Pumorow Manado. (Foto: Indimanado.com/Dwi)
KPU Sulut mengelar Rapat Koordinasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Kamis (13/10/2022) yang digelar di Hotel Luwansa Pumorow Manado. (Foto: Indimanado.com/Dwi)

MANADO, (Indimanado.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara  mengelar Rapat Koordinasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Kamis (13/10/2022) yang digelar di Hotel Luwansa Pumorow Manado.

Rakor ini juga dihadiri para Stakeholder, NGO, dan Media.

Acara dibuka oleh Plt Ketua KPU Sulawesi Utara  Meidy Tinangon. Dalam kesempatan tersebut Tinangon mengatakan peran serta Pemerintah Daerah, Polri dan TNI, masyarakat serta media massa sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi verifikasi faktual oleh tim KPU Sulut.

Dirinya berharap partai politik mempedomani regulasi terbaru KPU dalam kerja-kerja Parpol kedepan.

“Sudah ada perubahan regulasi terkait pedoman teknis pelaksanaan verifikasi administrasi perbaikan dan verifikasi faktual yang menjadi acuan kerja KPU, dimana sudah ada keputusan KPU nomor 384 tahun 2022 tentang perubahan ke-4 atas keputusan KPU nomor 260 tahun 2022," paparnya.

Dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual nantinya, terdapat 3 hal utama yang harus dibuktikan, yakni kepengurusan dan keanggotaan parpol, keterwakilan perempuan minimal 30% pada susunan pengurus, serta domisili kantor tetap, sesuai dengan PKPU 4 Tahun 2022.

Untuk mensukseskan tahapan ini, Meidy Tinangon menekankan beberapa hal diantaranya, agar seluruh peserta rakor mendukung proses verifikasi faktual demi suksesnya Pemilu 2024, KPU Sulut dalam pelaksanaannya agar senantiasa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan unsur Pemerintah Daerah,TNI dan Polri Bupati/Walikota juga meminta para Camat agar mendukung pelaksanaan verifikasi faktual dan menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah agar bersama-sama mendukung dan memantau pelaksanaan verifikasi faktual diwilayah. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close