HKG PKK ke-51 di Bitung, Rita Tangkudung: PKK Harus Mampu Menjadi Pelopor dan Pembaharu Yang Inspiratif HKG PKK ke-51 di Bitung, Rita Tangkudung: PKK Harus Mampu Menjadi Pelopor dan Pembaharu Yang Inspiratif - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

HKG PKK ke-51 di Bitung, Rita Tangkudung: PKK Harus Mampu Menjadi Pelopor dan Pembaharu Yang Inspiratif

28 April 2023 | 23:30 WIB Last Updated 2023-04-28T19:44:50Z
Ketua TP-PKK Kota Bitung, Rita Mantiri Tangkudung saat menyampaikan sambutan pada acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 di Kota Bitung, Jumat (28/4/2023). Foto Ridho L Tobing/indimanado.com

BITUNG, (Indimanado.com) - Puncak acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 di Kota Bitung digelar di Ballroom SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung, Jumat (28/4/2023).

Acara yang dirangkai dengan peringatan hari Kartini 2023 ini dihadiri Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM  beserta Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ibu Rita Mantiri Tangkudung beserta para istri Forkopimda Kota Bitung.


Ketua TP-PKK, Ibu Rita Mantiri Tangkudung ST mengumumkan tema HKG PKK 2023, "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia Unggul," saat membacakan sambutan Ketua Umum Pusat TP-PKK, Ny. Tri Tito Karnavian.

"Tema ini mengandung makna yang sangat mendasar, yakni kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar - besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," kutip Rita Tangkudung.


"Tema ini menjadi pilihan karena TP-PKK menjadi mitra kerja pemerintah, haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif," pesannya.

Ia juga menjelaskan bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya merupakan gerakan sosial bagi bangsa Indonesia. Karena itu, Tim Penggerak PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung kebijakan program pemerintah.


"Gerakan PKK senantiasa tumbuh dan berkembang seturut dengan dinamika perkembangan pembangunan di Indonesia. Sasaran pencapaian program pemerintah, perlu kita dorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera," tambahnya.

Menghadapi dinamika pembangunan saat ini, Ia sungguh sangat berharap agar keluarga besar gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian, selalu menjadi relawan yang senantiasa bersikap rendah hati namun tidak rendah diri. Karena rendah hati adalah landasan kokoh dari semua kebajikan.


"Gelorakanlah terus semangat kebersamaan untuk bergerak bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita. Karena kebajikan itu pada hakikatnya adalah perbuatan kita, kesadaran dan tenggang rasa kita terhadap orang lain dan lingkungan kita yang secara kolektif hidup di negara Indonesia tercinta," ucapnya.


"Saya ingin mengingat kepada kita semua bahwa saat ini, segenap TP-PKK perlu menjaga kebersamaan dan ke gotong royongan agar agenda kerja pemerintah melalui sejumlah program pembangunannya dapat tercapai. Saya mengajak seluruh jajaran tim penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader kader PKK, termasuk kader dasa wisma, karena kepada mereka lah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program program PKK agar tetap selaras dengan program program pemerintah," ajaknya.


Pada kesempatan tersebut, Ir. Maurits Mantiri MM juga berkesempatan menyampaikan kata sambutannya. Walikota menyampaikan ada banyak fakta kegiatan PKK yang didapat ketika mengunjungi kecamatan -kecamatan.

"PKK kota Bitung kelihatan lebih nyata bukan sekedar pencitraan. Hasil nyata Itu kemudian terukur dari pameran - pameran yang mereka laksanakan dengan hasil produk - produk yang kita bisa lihat pada ajang di sebelah samping kiri kanan," kata Walikota Maurits Mantiri.


"Puncaknya mereka mampu membuat yang namanya konter (gerai) untuk Dekranasda," tambahnya.

Walikota Maurits juga menegaskan bahwa PKK merupakan sebagai satu kesatuan dari unsur pemerintahan yang tidak bisa dipisahkan.

"Siapkah PKK itu adalah Pemerintah Kota Bitung, siapakah Pemerintah Kota Bitung, itu adalah PKK," tegas Walikota Maurits Mantiri.


Acara tersebut juga dirangkai dengan
penyerahan trofi dan piagam penghargaan Kota Bitung terbaik pertama kategori akses sanitasi aman dan penghargaan pembangunan daerah 2023, terbaik pertama dalam perencanaan dan pencapaian yang diterima Sekretaris Daerah Kota Bitung Ir. Ign Rudy Theno ST MT dari Pemprov Sulut satu hari sebelumnya, dan dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara  TP-PKK dengan BPOM tentang Komunikasi Informasi dan Edukasi keamanan dan Mutu obat dan makanan dan TP-PKK dengan PMI tentang penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan kesiapsiagaan bencana dan penyediaan donor darah di Kota Bitung.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba yel- yel. Dan sesi pagi di akhiri dengan sosialisasi singkat dari BBPOM, yang dibawakan oleh kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani Apt.


Setelah jeda makan siang bersama, acara dilanjutkan dengan Final lomba cerdas tangkas serta pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba cerdas tangkas, cipta menu, display produk UP2KUP2K, setelah sebelumnya dilakukan penilaian di koridor luar ruangan SH. Sarundajang.
(Ido Tobing/adverorial)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close