Ini Rangkaian Kegiatan Ramadhan, Idul Fitri 1444 Hijriah Bupati dan Wakil Bupati Minsel Ini Rangkaian Kegiatan Ramadhan, Idul Fitri 1444 Hijriah Bupati dan Wakil Bupati Minsel - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ini Rangkaian Kegiatan Ramadhan, Idul Fitri 1444 Hijriah Bupati dan Wakil Bupati Minsel

26 April 2023 | 21:00 WIB Last Updated 2023-04-27T16:13:25Z

AMURANG, (Indimanado.com) - Bulan Ramadhan merupakan bulan keberkahan bagi seluruh umat Muslim khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Meski dilanda krisis ekonomi secara global akibat pandemi dan inflasi hingga sangat berpengaruh pada perekonomian warga, namun pemerintah dalam hal ini Kabupaten Minsel tetap hadir memberikan bantuan dan dan meringankan beban masyarakat lewat langkah-langkah dan kebijakan strategis.


Langkah dan kebiajakan strategis yang diambil Pemkab Minsel dalam hal ini Bupati Franky Donny Wongkar SH bersama Wakil Bupati Petra Yani Rembang MTh untuk meringankan beban masyarakat diantaranya, bantuan Keagamaan, Insentif Lansia, Gelar Pangan Murah, Sidak Pasar, Penggunaan 20 persen Dana Desa untuk Kegiatan Ketahanan Pangan, Launching Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah dan Kerjasama antar Daerah untuk menjaga Ketahanan Pangan serta Program Pemerintah yaitu gerakan “Marijo Batanam” dan ”Marijo Bakobong” sebagai langkah menghadapi inflasi dan mewujudkan kedaulatan pangan.

Pada momentum Ramadhan 1444 H/2023, Bupati FDW dan Wabup PYR bersama unsur FORKOPIMDA Minsel melaksanakan silahturahmi dibeberapa wilayah di Minsel yakni Kelurahan Ranoyapo, Desa bajo, Desa Tompaso Baru Dua, serta Desa Tanamon Utara. 


Pada kesempatan tersebut juga melaksanakan penyerahan bantuan berupa perlengkapan ibadah kepada Imam Masjid, ketua BTM, dan Pegawai Syariah.

Jelang Idul Fitri 1444 H/2023, Pemkab Minsel gelar rapat bersama FORKOPIMDA dan FKUB yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Kamis (20/4/2023). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Franky Donny Wongkar, SH yang didampingi Wakil Bupati Petra Yani Rembang M.Th.


Hadir juga Kepala SKPD seperti Kepala Badan Kesbangpol, Kasat Pol PP, Camat Amurang, Camat Amurang Barat, Camat Tumpaan, Camat Tatapaan, Camat Sinonsayang, Camat Tompaso Baru, Camat Maesaan dan Ketua bersama anggota FKUB Minsel. 

Dari rapat bersama tersebut memutuskan beberapa hal yaitu bahwa Pemerintah Kabupaten mengimbau kepada seluruh umat Islam dan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan dalam pelaksanaan Takbiran dan Shalat Ied untuk tetap menjaga suasana yang kondusif, serta tetap menjaga keamanan, menjaga toleransi dan kerukunan agar terbangun kebersamaan sehingga kegiatan berjalan dengan baik.


Dihimbau juga untuk mematuhi aturan lalu lintas dan tidak menggunakan knalpot racing bagi yang membawa kendaraan. Selanjutnya Pemerintah kecamatan harus proaktif bersama Forkopimcam hadir bersama-sama memantau jalannya kegiatan tersebut.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten bersama FORKOPIMDA juga dalam menyambut perayaan Idul Fitri 1444 H/2023 akan melakukan pemantauan di beberapa titik lokasi pelaksanaan takbiran.


Selanjutnya pada Jumat, (21/4/ 2023), Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang M.Th, bersama dengan FORKOPIMDA, didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah melakukan pemantauan sekaligus melepas kegiatan Takbiran keliling di beberapa tempat antara lain di Masjid Al-Akbar Desa Tumpaan Satu Kecamatan Tumpaan dan di Masjid Al-Maghfirah Kelurahan Ranoyapo Kecamatan Amurang. 

Selain itu juga Bupati dan Wakil Bupati bersama rombongan mengunjungi Masjid Al-Mu’minun Kelurahan Ranoyapo Kecamatan Amurang.


Hasil kerja sama Pemkab Minsel Polres Minsel, Kantor Kemenag Minsel, PHBI Minsel, DMI Minsel, pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H tingkat Kabupaten Minsel dilaksanakan di lapangan Papolres Minsel pada Sabtu, (22/4/2023) dengan Khatib Dr. H. Dulsukmi Kasim, Lc, M.Hi dan yang bertindak sebagai Imam adalah Muhamad Arham, S.Hi.

Pada sejumlah kesempatan Bupati Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan ajakan untuk sambut Bulan suci Ramadhan dengan penuh syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai.


"Semoga Ibadah di bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri ini, akan membawa berkat, kebahagiaan, dan kedamaian bagi seluruh umat Muslim dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan Sang Pencipta, teguhkan hati dan dengan ikhlas untuk saling memaafkan untuk terus menjaga kebersamaan, serta berjuang dan solid bergerak memberikan kontribusi yang positif sesuai dengan profesi, tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk mendukung dan menyukseskan berbagai program yang sedang dan akan kita laksanakan ke depan untuk mewujudkan Minahasa Selatan Maju, Berkepribadian dan Sejahtera," ujar Bupati FDW. (Advetorial/Wesly)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close