Raih Kota Kreatif Kuliner 2023, Kota Bitung Berkesempatan Masuk Jaringan The UNESCO Creative Cities Network Raih Kota Kreatif Kuliner 2023, Kota Bitung Berkesempatan Masuk Jaringan The UNESCO Creative Cities Network - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Raih Kota Kreatif Kuliner 2023, Kota Bitung Berkesempatan Masuk Jaringan The UNESCO Creative Cities Network

22 May 2023 | 22:02 WIB Last Updated 2023-05-23T16:04:06Z


SEMARANG, Indimanado.com - Kota Bitung, Sulawesi Utara memperoleh gelar Kota Kreatif subsektor Kuliner dalam acara "Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023" yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang dalam rangkaian peringatan HUT ke-476 Kota Semarang di kawasan Kota Lama, Semarang, Jumat (19/5/2023)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno menyerahkan Plakat dan SK Kota Kreatif subsektor Kuliner kepada Walikota Bitung yg diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir Ign Rudy Theno ST MT.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam bagian dari kata sambutanya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, "Kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar. Sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi semakin terbuka luas," ucap Sandiaga.


Pada acara tersebut, Sandiaga Uno juga berkesempatan menyambangi boot pameran UMKM Kota Bitung yang berada dilokasi Semarang night carnaval dan mencicipi Shasibi serta melihat langsung produk - produk UMKM khas Kota Bitung.

Sandiaga memberikan apresiasi khusus serta menyampaikan rasa optimisnya bahwa Kuliner Bitung bisa membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia juga berjanji akan melakukan kunjungan ke Bitung.

Kota Bitung telah melalui tahapan
Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Indonesia (PMK3I) melalui verifikasi dan kurasi sejak awal 2022 oleh Tim Kemenparekraf antara lain Uji Petik, pengisian Borang, FGD serta musyawarah dengan pemangku kepentingan di Kota Bitung untuk melihat sendiri potensi besar ekonomi kreatif di Kota Bitung.


Kota Bitung memiliki kreativitas dengan estetika tradisi dan kearifan lokal dalam pembuatan makanan dan minuman yang memiliki cita rasa khas.

Kuliner yg menjadi andalan Bitung antara lain Shasibi, Dada dan Rahang Tuna, Nasi Jaha Cakalang, Gohu Ikan, Roll Tuna dan masih banyak lagi.

Acara yang yang dirangkai dengan pagelaran Semarang Night Carnival 2023, delegasi Kota Bitung berkesempatan menampilkan Tarian Tangkap Cakalang dan Tarian Tetengkoren sebagai bagian promosi Pariwisata Bitung.

Rencananya acara Jejakk Kreatif Indonesia ini akan menjadi agenda tetap tahunan dari Kemenparekaf, seperti yang diungkapkan, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia merupakan acara puncak dari program kabupaten/kota kreatif Indonesia. Nantinya acara ini akan digelar setiap tahun di kabupaten/kota kreatif lain yang tentunya sudah masuk dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia," ucapnya.

Diinformasikan pula dalam acara ini, bahwa Kota/Kabupaten yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia termasuk Kota Bitung, berkesempatan untuk masuk dalam jejaring The UNESCO Creative Cities Network (UCCN). 

Kesempatan ini diharapkan dapat memicu serta memacu kreatifitas para pelaku ekonomi kreatif khususnya dalam bidang kuliner di Kota Bitung untuk terus memperkuat potensi ekonomi kreatif tidak hanya dari segi keunggulan produk tetapi juga dari segi jangkauan pasar yang jauh lebih luas lagi.

Dalam kegiatan ini, Sekda Kota Bitung di dampingi oleh Kadis Pariwisata Pingkan Kapoh SPt MAP, Kabid Ekonomi Kreatif Altin Tumengkol SIP MSi.
(Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close