Festival Seni Budaya Pelajar Kota Bitung 2023 Sukses Digelar Festival Seni Budaya Pelajar Kota Bitung 2023 Sukses Digelar - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Festival Seni Budaya Pelajar Kota Bitung 2023 Sukses Digelar

8 May 2023 | 23:57 WIB Last Updated 2023-05-09T00:02:42Z

BITUNG, Indimanado.com - Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung sukses menggelar Festival Seni Budaya Pelajar 2023 dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Gedung Kesenian Kota Bitung, Kamis - Jumat (4-5/5/2023).

Acara yang dikemas selama 2 hari ini memperlombakan tarian Ampa Wayer, tari Kabasaran, tari Maengket, juga Lomba Band bocah.

Festival ini dibuka oleh Bunda Rita Mantiri Tangkudung, selaku Bunda PAUD Kota Bitung yang juga adalah Ketua TP-PKK Kota Bitung.


Dihari pertama Festival ini disi dengan perlomba tari Ampa Wayer tingkat SD dan SMP Kota Bitung.

Pembukaan acara ini juga dihadiri oleh Amos G. Kakomba S.Sos, Staf Khusus Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Eugenie N. Mantiri SPd MAP, Ketua PGRI Kota Bitung, Axsel Galatang, Tim Percepatan Kota Bitung Bidang Pendidikan dan Pembinaan Generasi Muda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung Fonny Tumundo SPd MPd bersama jajaran, Pengurus TP-PKK dan DWP Kota Bitung.

Hari Kedua (Jumat, 5/5/2023)  Festival Seni Budaya Pelajar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, di perlombakan tari Maengket dan tari Kabasaran tingkat SD dan SMP Kota Bitung dan diakhiri dengan lomba Band Bocah pada malam harinya.


Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Fonny Tumundo SPd MPd mengungkapkan bahwa kegiatan Festival Seni Budaya yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan ini merupakan kegiatan yang sudah teragenda.

"Tetapi untuk Festival budaya dalam hal ini adalah budaya yang ada di Sulawesi Utara. Dikhususkan Sulawesi Utara, untuk menanamkan rasa cinta budaya Sulawesi Utara kepada anak- anak yang ada di Sulawesi Utara khususnya yang ada di Kota Bitung," terang Kadis Fonny Tumundo.


"Kita ketahui, Kota Bitung adalah Kota Multi Dimensi, dimana ada berbagai macam budaya yang ada disini sehingga dilaksanakan kegiatan ini yang ditentukan untuk tarian dan nyanyian yang ada di Sulawesi Utara."

"Yang kita ketahui disini ada Minahasa, ada Sanger-Talaud, ada Gorontalo, Jawa, tapi untuk tahun ini kita fokus untuk kesekian Sanger dan Minahasa." tambah Kadis Tumundo.


Tumundo juga mengapresiasi antusiasme para peserta.

"Antusias dari anak - anak, semangat mereka luar biasa, dan pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari," ucapnya.

Pengumuman pemenang langsung di umumkan diakhir acara.

Tumundo menambahkan para pemenang nantinya akan mendapat apresiasi dalam bentuk hadiah.

"Nanti hadiah- hadiah yang akan diberikan dilaksanakan secara serentak di kegiatan musyawarah Kepala Sekolah." pungkasnya.
(Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close