Investor Taiwan Kembali Berminat Bangun Industri Perikanan di Kota Bitung Investor Taiwan Kembali Berminat Bangun Industri Perikanan di Kota Bitung - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Investor Taiwan Kembali Berminat Bangun Industri Perikanan di Kota Bitung

24 September 2023 | 22:56 WIB Last Updated 2023-09-24T14:56:12Z
Foto istimewa

Bitung, indimanado.com - Kabar baik bagi industri perikanan Kota Bitung, angin segar datang dengan kembali munculnya minat investor dari Taiwan untuk berinvestasi di sektor ini.

Para pengusaha perikanan Taiwan yang tergabung dalam Taipei Trade and Economic Office (TETO) kini sedang menjajaki peluang untuk berinvestasi di Kota Bitung.

Rencana investasi ini menjadi kenyataan dengan kunjungan Ambassador of Representative Taiwan bersama tim yang dipimpin oleh Mr. Johny Chen, yang didampingi oleh Direktur TETO, Mr. William Hzu, saat bertemu dengan Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM, pada Sabtu (23/9/2023).

Pertemuan ini berlangsung di Restoran Riverside, Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, dimana Walikota Bitung menyambut baik impian investasi perikanan antara Taiwan dan Kota Bitung.

Johny menyatakan harapannya bahwa investasi perikanan antara Taiwan dan Kota Bitung akan segera terwujud. Dia juga mengingatkan bahwa sebelumnya ada investasi perikanan Taiwan yang cukup signifikan di Kota Bitung, namun kerjasama tersebut terhenti pada era Kementerian Perikanan dan Kelautan di bawah pimpinan Susi Pudjiastuti, akibat perubahan aturan yang merugikan pengusaha Taiwan.

Foto istimewa

Pandemi Covid-19 juga menjadi kendala dalam merealisasikan investasi perikanan di Kota Bitung. Meskipun begitu, Johny menyatakan keyakinannya bahwa mereka akan kembali ke Kota Bitung.

"Kita yakin akan kembali ke Kota Bitung," singkat Johny.

Sementara, Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri  mengungkapkan kegembiraannya atas minat investor perikanan Taiwan untuk kembali berinvestasi di Kota Bitung. Dia juga mengakui bahwa beberapa waktu lalu, banyak kawasan di Kota Bitung sering dijumpai warga Taiwan, baik sendiri maupun dengan anak dan istri berjalan bebas di Kota Bitung.

"Mereka adalah expert ataupun pegawai perikanan. Jadi boleh dikatakan, kehadiran warga Taiwan di Kota Bitung bukanlah hal yang baru dan sudah diterima oleh semua masyarakat," ujar Mantiri didampingi Asisten III, Benny Lontoh.

Walikota Mantiri berjanji untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan melakukan kunjungan resmi ke kantor TETO di Jakarta.

"Ini adalah peluang dan jawaban impian kami selama ini untuk kembali membangkitkan industri perikanan. Kami akan follow up dengan melakukan pertemuan di Kantor TETO di Jakarta," katanya.

Selain pertemuan dengan Walikota Bitung, tim Taiwan juga berkunjung ke lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Kota Bitung, didampingi oleh Staf Khusus Gubernur Sulut, Dino Gobel. (*/Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close