FPSL 2023 Bitung: Meriahkan Wisata dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Event Berkualitas FPSL 2023 Bitung: Meriahkan Wisata dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Event Berkualitas - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

FPSL 2023 Bitung: Meriahkan Wisata dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Melalui Event Berkualitas

6 October 2023 | 06:53 WIB Last Updated 2023-10-06T11:00:37Z

Bitung, Indimanado.com - Gubernur Sulawesi Utara, Prof Dr (HC) Olly Dondokambey, menyatakan bahwa Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) di Kota Bitung tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan pariwisata, tetapi juga untuk memacu pertumbuhan industri pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif, yang pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kota Bitung. Pernyataan ini disampaikan oleh orang nomor satu Sulut saat acara Opening Ceremony FPSL Kota Bitung pada Kamis (05/10/2023).

Olly menekankan bahwa FPSL memiliki ciri khas tersendiri, dan ia berharap acara ini dapat terus dilaksanakan secara konsisten agar dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Bitung secara langsung.

"Hal seperti ini tidak meniru kegiatan lain sehingga ini menjadi ciri khas daerah ini. Selain itu, kedamainan dan kerukunan terus dijaga, agar Sulawesi Utara terkenal dimana-mana,” kata Olly.

Menurutnya, keunikan dan kerukunan yang ada di Bitung harus dijaga dengan baik agar Sulawesi Utara terus dikenal di berbagai penjuru.

Pelaksanaan FPSL 2023, yang akan berlangsung hingga 10 Oktober 2023, juga telah masuk ke dalam agenda 110 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Acara ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengangkat kearifan lokal Kota Bitung, Sulawesi Utara, terutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari arahan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang menginginkan setiap daerah di provinsi ini mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor utama penopang ekonomi masyarakat.

Ketua Umum Panitia FPSL 2023, Hengky Honandar, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu event yang dimaksimalkan untuk mendorong pariwisata Bitung dan telah berkembang menjadi kegiatan tahunan Kota Bitung yang kini mendapat pengakuan nasional dan internasional.

"Ini merupakan karisma iven nusantara yang masuk dalam kegiatan Kementerian Pariwisata. Semoga iven ini dapat memperkenalkan Kota Bitung di internasional,” harapnya.

Pada acara pembukaan FPSL 2023, pengunjung disuguhi pertunjukan musik oleh Bassgilano feat Teddy Salenda yang menggema di panggung. Gio Lelaki, artis jebolan Indonesian Idol 2014, juga tampil memukau di hadapan penonton. Pengunjung pun terhibur dengan atraksi teater musikal tentang sejarah Kota Bitung dan Selat Lembehnya yang memukau. Suasana malam itu dipenuhi oleh antusiasme dan kegembiraan dari para pengunjung yang memadati Arena FPSL. (Alfa Jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close