Olly Dondokambey: Angka Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Nasional Olly Dondokambey: Angka Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Nasional - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Olly Dondokambey: Angka Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Nasional

20 August 2018 | 20:02 WIB Last Updated 2020-01-27T16:05:14Z
Gubernur Sulut Olly Donfokambey di ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulut

INDIMANADO.COM, SULUT
- Tiga tahun terakhir angka indikator ekonomi makro, indikator sosial, dan pembangunan infrastruktur Sulawesi Utara, berada pada tren yang positif.

"Selama tahun 2015 sampai tahun 2017 Pertumbuhan Ekonomi Sulut selalu berada pada angka diatas 6 % atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5 %," kata Olly Dondokambey pada rapat paripurna DPRD Sulut dalam rangka penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA)-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) T.A. 2019 dan KUA-PPAS Perubahan APBD Provinsi Sulawesi Utara T.A. 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulut, Senin (20/8/2018) pagi.

Disamping itu, menurut Olly Dondokambey kinerja perekonomian Sulut tahun 2017, diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2017 mencapai Rp. 110,16 triliun. Dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp. 79,49 triliun.

"PDRB perkapita mencapai Rp. 44,76 juta rupiah. Ekonomi Sulawesi Utara tahun 2017 tumbuh 6,32 persen atau menguat dibandingkan tahun 2016 sebesar 6,17; dan jauh lebih baik dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 6,12%," ungkap Olly Dondokambey.

Pertumbuhan ekonomi tersebut berdampak pada menurunnya angka kemiskinan. Persentase tingkat kemiskinan Sulawesi Utara masih berada dibawah tingkat kemiskinan nasional yang berada pada range 10 - 11 persen.

"Tingkat kemiskinan Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2017 dibandingkan dengan 34 Provinsi lainnya di Indonesia, berada di peringkat ke-16 terendah, namun di wilayah Pulau Sulawesi, kemiskinan Provinsi Sulawesi Utara adalah yang paling rendah," beber Olly Dondokambey.

Olly Dondokambey menyebut salah satu upaya pemerintah yang dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan adalah dengan mempertajam program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dengan memperbanyak alokasi pembangunan rumah tinggal layak huni, mempercepat pembangunan infrastruktur dasar dan menjaga stabilitas harga dalam hal ini inflasi.

"Oleh sebab itu, pada bulan Juli yang lalu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ditetapkan sebagai salah satu Provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflasi daerah," tandas Olly Dondokambey.

Rapat paripurna turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw dan para pejabat Pemprov Sulut.

(hm/alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close