Iklan

TERKINI

Upaya Mitigasi, Kesbangpol dan BPBD Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Tombatu Timur

indimanado.com
22 February 2019, 17:12 WIB Last Updated 2019-02-22T21:14:12Z


INDIMANADO.COM, RATAHAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan sosialisasi mitigasi penanggulangan bencana alam di Resto Ba Tamang, Tombatu Timur, Jumat (22/2).

Kegiatan yang dibuka Kepala Kesbangpol Mitra, Welly Mononimbar yang diwakili Kepala Bidang (Kabit) Penanganan dan Pencegahan Konflik, Rudy Kures dilaksanakan bekerjasama dengan Kelompok Pencinta Alam (KPA) Silian.

Rudy mengatakan, sosialisasi bertujuan sebagai upaya mengurangi resiko bencana Gunung Soputan, karean selain pembangunan fisik,  kegiatan seperti ini memberikan kesadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi bencana.

"Karenanya, sosialisasi ini penting untuk diketahui oleh organisasi masyarakat yang berada di seputaran Gunung Soputan,"katanya.

Senada disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mitra, Erick Manoroinsong. Dia mengungkapkan, keterlibatan organisasi masyarakat sangat penting  dalam penanggulangan bencana.

"Peran serta masyarakat itu penting untuk mengetahui seberapa besar bahaya erupsi gunung soputan," ungkap Erick.

Terkait hal itu, Dandim Minahasa melalui Perwira Penghubung Mayor CPL TNI, Franky Kallo menambakan bahwa peran masyarakat sangat diperlukan upaya mitigasi.

"Sebagai TNI, baik diminta atau tidak diminta sudah menjadi panggilan amanat dan tugas dalam membantu masyarakat, terlebih negara, apalagi jika warga terkena bencana, maka otomatis TNI ada di situ,"ungkap Kallo.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolsek Tombatu, Ibtu Wensy Saerang, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, serta sejumlah Kelompok-kelompok Pencinta alam Kabupaten Mitra.

(Bill)

Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini