Apa Itu Stunting? Kenali Penyebapnya Apa Itu Stunting? Kenali Penyebapnya - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Apa Itu Stunting? Kenali Penyebapnya

24 September 2019 | 16:35 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:39Z


INDIMANADO.COM, AMURANG – Sebagian orang mungkin masih asing mendengar istilah stunting. Apa itu stunting dan apa penyebapnya?

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding anak seusianya. Stunting disebabkan oleh karena permasalahan gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama.

Mencega hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melakanakan sosialisasi pencegahan stunting kepada seluruh Ketua TP PKK yang berasal dari 167 Desa dan 10 Kelurahan, selama dua hari, 23 -24 September 2019, di Hotel Sutan Raja Amurang.

Kepala Dinas Kesehatan Minsel, dr Erwin Schouten mengatakan pada sosialisasi ini, para Ketua TP-PKK ini dibekali tata cara mencegah stunting yaitu dengan pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan.

“Sosialisasi ini penting sebab stunting dapat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa nanti, serta mempengaruhi perkembangan emosi,” terang Schouten.

Schouten menjelaskan bahwa selama ini masyarakat umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Namun pemahaman tersebut menurut Schouten keliru.

“Sebenarnya pertumbuhan fisik dipengaruhi dengan upaya mencukupi kebutuhan gizi sejak anak dalam kandungan hingga usia dua tahun,” tandas Schouten sembari menghimbau masyarakat untuk sadar akan kewajiban menjaga kesehatan.

Diketahui menjadi prmateri dalam sosialisasi, Dr Arista wowo MKes (Kasie Kesga dan Gizi Dinkesda Provinsi Sulawesi Utara), Djunaedy Watung Amd Kep SE (Kabid. Kesehatan Masyarakat), Seska Kodongan, SST (Kasie Kesga) dan Sriko Poli, SKM (Penanggung jawab Program Gizi Dinkes).

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close