Pemprov Sulut Luncurkan Layanan Kegawatdaruratan Public Safety Center 119 Pemprov Sulut Luncurkan Layanan Kegawatdaruratan Public Safety Center 119 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemprov Sulut Luncurkan Layanan Kegawatdaruratan Public Safety Center 119

23 September 2019 | 17:56 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:36Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Satu lagi terobosan dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut). Kali ini, Pemprov Sulut meluncurkan Public Safety Center (PFC).

PFC diluncurkan tepat di hari ulang tahun (HUT) Provinsi Sulut ke-55 di Lapangan KONI Sario, Manado, Senin (23/9/2019).

Peluncuran dilakukan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen.




PFC sendiri adalah layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu yang terintegrasi dengan seluruh layanan emergency di 15 kabupaten/kota.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, layanan PSC 119 merupakan inovasi yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat serta menunjang pariwisata.

“Apalagi ini terintegrasi ke 192 puskesmas dan 46 rumah sakit di 15 kabupaten/kota. Jadi, kalau ada masalah atau kejadian yang membutuhkan penanganan medis, maka cepat ditindaklanjuti melalui unit pelayanan terdekat,” ungkap Olly saat melaunching langsung layanan tersebut.

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo menjelaskan, layanan ini berbasis telepon 119, yang kemudian akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yg akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan.

“Layanan ini berlangsung 1×24 jam selama 7 hari seminggu,” ungkapnya.

Lanjut dia, PSC 119 upaya untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulut, karena telah dinyatakan sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sehingga Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Bapak Wakil Steven Kandouw kemudian menginstruksikan semua sektor menopang kebijakan ini,” terangnya.

Kalalo menuturkan, pihaknya menginterpretasikan dukungan pariwisata lewat layanan PSC 119.

“Semoga dengan dilaunchingnya layanan ini, kita makin dekat dengan cita-cita yakni Sulut Sehat dan Sulut Hebat,” tandasnya.

(alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close