Pemkab Mitra Akan Menghapus 1254 Penerima PKH Pemkab Mitra Akan Menghapus 1254 Penerima PKH - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Mitra Akan Menghapus 1254 Penerima PKH

14 October 2019 | 01:06 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:36Z

INDIMANADO.COM, RATAHAN - 1254 keluarga di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan dihapus dari data Program Keluarga Harapan (PKH).

Menurut Kepala Dinas Sosial Mitra Frangky Wowor, hal ini dilakukan mengingat beberapa keluarga tersebut dianggap sudah tak layak menerima program ini, karena sudah mampu secara ekonomi dan tak memenuhi syarat sebagai PKH.

“Keputusan ini diambil melalui Musyawarah Desa (Musdes) dan penilaian pendamping saat melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) dan verifikasi data. Dari sekira 4504 PKH, 1254 keluarga akan dihapuskan karena dinilai sudah mampu dan tak layak menerima bantuan, serta sudah tak masuk dalam empat kategori penerima PKH,” ungkapnya, Minggu (13/10/2019).

Selain berdasarkan hasil musdes dan monev, ada juga keluarga yang dengan sadar menarik diri dari penerima PKH di Mitra.

“Jadi ada sekira 5 keluarga yang dengan kesadaran mereka meminta namanya dikeluarkan dari penerima PKH dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut. Ini patut menjadi contoh karena sudah mampu dengan sadar meminta dihapuskan dari PKH,” tukas Frangky Wowor.

Menurutnya, gebrakan ini yang pertama di Sulawesi Utara, dimana dilakukan penghapusan langsung ke Kementerian Sosial (Kemensos), bukan hanya data PKH, namun juga dalam data miskin.

“Untuk 15 kabupaten/kota se-Sulut, baru kali ini dilakukan penghapusan sebanyak ini langsung ke Kemensos karena biasanya pendamping yang lakukan penghapusan langsung. Bahkan, penghapusan ini bukan hanya dari data PKH, tapi juga dari database rakyat miskin,” pungkas Wowor.

Lanjutnya, mengingat pihaknya baru saja mengusulkan melakukan penghapusan PKH maka untuk beberapa saat ke depan, belum akan dilakukan penambahan PKH.

“Penghapusan ini sudah kami usulkan ke pihak Kemensos RI dan saat ini tinggal menunggu keputusan. Jadi nantinya penerima PKH di Mitra tinggal 3250 keluarga. Setelah itu kami akan monev lagi agar bisa mendapatkan data real rakyat miskin,” tutupnya.

(Bill)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close