HOME

Wabup Legi: Hari Kesaktian Pancasila Untuk Memperkukuh Pancasila, Sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar upacara memperingati hari Kesaktian Pancasila, dilapangan Kantor Bupati Mitra, Selasa (1/10-2019).

Wakil Bupati Drs Jesaja JO Legi bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Wakili Bupati James Sumendap SH, Wabup Legi mengatakan, peringatan hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Mitra kali ini mengangkat tema 'Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.'

Dilatarbelakangi gerakan 30 September 1965 dimana adanya gerakan pemberontakan dan upaya kudeta oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), untuk mengubah ideologi bangsa Indonesia Pancasila, menjadi ideologi komunis. Gerakan ini gagal untuk mengubah ideologi bangsa, yang menandakan betapa sakti dan sakralnya Pancasila. 



Karena itu, peringatan hari Kesaktian Pancasila kali ini pada dasarnya untuk memperkukuh Pancasila, sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa.

"Hari kesaktian Pancasila perlu dijadikan refleksi untuk merenungkan bagaimana Bangsa Indonesia saat ini menggunakan Pancasila yang telah dijadikan falsafah hidup, untuk pedoman hidup berbangsa dan bertanah air," tambah Wabup Legi.

Hadir pada upacara ini, anggota DPRD Kabupaten Mitra, Kapolsek Ratahan, Perwira Penghubung, kepala-kepala SKPD, ASN, utusan sekolah serta Tenaga Honorer dilingkup Pemkab Mitra.

(Bill)
Komentar