9 Mei Kembali Gubernur Olly Gelar Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 9 Mei Kembali Gubernur Olly Gelar Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

9 Mei Kembali Gubernur Olly Gelar Rakor Percepatan Penanganan Covid-19

9 May 2020 | 21:10 WIB Last Updated 2020-05-09T13:10:03Z

INDIMANADO.COM - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan penyebaran covid-19 lewat video teleconference yang diikuti jajaran Forkopimda Sulut, Sabtu (9/5/2020).

Dalam vidcon nampak hadir Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang, Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa, Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arief, Danlantamal VIII Sulut, Brigjen TNI Donar Philip Rompas, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menerangkan kesiapan dua labotatorium
Polymerase Chain Reaction (PCR) di Sulut untuk mempercepat diagnosa dan penentuan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sehingga tenaga medis dapat segera memberikan penanganan yang tepat.

Adapun kedua laboratorium PCR tersebut berada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado dan RSUP Prof Kandou.



“Dalam rangka menjaga penambahan penyebaran covid-19 di Sulut, saya informasikan juga ada dua laboratorium PCR yang kami siapkan satu sudah mulai beroperasi (BTKLPP Kelas 1 Manado) dan yang satu lagi (RSUP Prof Kandou) full hari senin beroperasi,” kata Olly.

Selain itu, Olly juga menerangkan bahwa Sulut tidak mengusulkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah pusat.

Menurutnya, PSBB berdampak pada sektor perekonomian dan pelaksanaannya harus didukung oleh kesiapan seluruh kabupaten dan kota dalam memenuhi kebutuhan pokok seluruh masyarakat.

“Banyak orang mengusulkan saya PSBB , tetapi dampak PSBB ini kan kita tahu persis semua, pasti ekonomi tidak bergerak,” ujar Olly.

“Kami sudah dua kali kami kirim surat ke gugus tugas kabupaten/kota meminta informasi pergeseran anggaran mereka dipergunakan untuk apa saja, sampai hari ini kami belum dapat balasan surat dari kabupaten/kota,” sambungnya.

Lebih lanjut, Olly juga mengingatkan pentingnya kesiapan semua pihak mencegah penyebaran covid-19 pasca dibukanya kembali jalur transportasi antar daerah di Indonesia dengan mengisolasi penumpang di rumah singgah.

“Salah satu contoh kemarin kita kedatangan pekerja asal Sulut dari Maluku Utara. Langkah-langkah ini sangat efektif kita ambil, seluruh 110 penumpang kapal kita masukkan dalam rumah singgah dan semua efektif, dua minggu kita laksanakan ternyata tidak ada penyebaran waktu kita karantina,” imbuhnya.

(*/alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close