Kerjasama dengan Pegadaian Banzas Sulut Serahkan 1.500 Paket Ramadan Kerjasama dengan Pegadaian Banzas Sulut Serahkan 1.500 Paket Ramadan - Media Independen

TERKINI

Iklan

Kerjasama dengan Pegadaian Banzas Sulut Serahkan 1.500 Paket Ramadan

indimanado.com
19 May 2020, 20:45 WIB Last Updated 2020-05-19T12:45:16Z

INDIMANADO.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan PT. Pegadaian Kanwil V Manado menyerahkan 1.500 paket bantuan untuk kaum dhuafa.

Paket bantuan secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, didampingi oleh Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan dan Kepala Pegadaian Kanwil V Manado, Zulfan Adam di Mesjid Raya Ahmad Yani, Manado, Senin (18/05).

“Kami berterima kasih kepada Baznas Sulut yang memberikan bantuan 1.500 paket kepada mereka yang membutuhkan jelang Ramadan dan di tengah pandemi Corona ini,” ujar Olly.


Terkait pandemi Corona, Olly juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah supaya penyebaran Covid-19 terhenti.

“Patuhi anjuran pemerintah, sebab kasus Covid-19 di Sulut terjadi di kluster yang tidak disiplin,” katanya.

Penyerahan paket bantuan kemarin mengikuti protokol Covid-19. Untuk itu, hanya tiga perwakilan yang menerima secara simbolis. Nantinya, Baznas Sulut akan langsung menyalurkan bantuan tersebut kepada kaum dhuafa.

“Nantinya, paket bantuan ini akan diberikan kepada mereka yang terdampak karena Corona. Mereka adalah yang dulunya bekerja, namun karena pandemi corona ini sudah tidak lagi dan tidak memiliki penghasilan,” katanya.

Abid mengatakan, paket bantuan ini akan diberikan kepada delapan kategori, yaitu Fakir (orang yang tidak memiliki harta), Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sahaya atau budak), Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), Mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Dalam memberikan paket ini, Baznas Sulut bekerja sama dengan PT. Pegadaian kanwil V Manado. “Kami sudah bekerjasama dalam dua tahun terakhir. Tahun ini, Pegadaian memberikan 1.000 paket dan Baznas 500 paket,” ujar Abid.

Sementara Zulfan mengatakan, sumber dana bantuan ini berasal dari masyarakat, dan dikembalikan kepada masyarakat.

“Kami berusaha membantu masyarakat melalui Baznas Sulut. Tahun ini, kami memberikan bantuan senilai 155 juta sebanyak 1000 paket,” ujarnya.

(Tim/Subhan)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close