Kaleidoskop Unsrat 2021, Nyalakan Pelita untuk Sulut, untuk Indonesia Kaleidoskop Unsrat 2021, Nyalakan Pelita untuk Sulut, untuk Indonesia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kaleidoskop Unsrat 2021, Nyalakan Pelita untuk Sulut, untuk Indonesia

15 December 2021 | 05:14 WIB Last Updated 2021-12-14T21:51:53Z


Di tengah rentetan peristiwa yang melanda Sulawesi Utara, melanda Indonesia, 2021 menjadi tahun berat bagi kita semua. Tak terkecuali Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado. Namun selama dua belas bulan, UNSRAT terus berusaha menyalakan pelita ditengah kepungan Pandemi Covid-19 untuk mewujudkan Sulawesi Utara, Indonesia yang lebih baik dan lebih hebat.


Dan sebentar lagi akan tiba saatnya menutup cerita tahun 2021 dan mempersiapkan lembaran baru untuk tahun 2022.

Sembari menatap tajam harapan ke depan, mari kita hitung mundur sejenak keberhasilan, capaian serta prestasi UNSRAT yang telah dirangkum oleh Tim Media Indi Manado.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kegiatan Kemitraan Triple Helix Untuk Pengembangan Pertanian/Ketahanan Pangan Di Sulawesi Utara, Rabu (13/1/2021)


Kemitraan Triple Helix menekankan pentingnya kerjasama dalam mencapai target pembangunan nasional antara pemerintah, perguruan tinggi dan badan usaha/swasta.

Kerjasama ini dilakukan sebagai komitmen membangun ketahanan pangan di Sulawesi Utara khususnya dibidang penyediaan pangan protein hewani daging sapi dan produk turunannya.

Melalui kerjasama ini, Kementerian PPN/Bappenas merencanakan untuk memperkuat dukungan kegiatan dan pendanaan baik melalui APBN maupun investor, dalam hal ini Trade and Investment Queensland berkomitmen untuk melakukan investasi sebesar dua triliun untuk pengembangan industri daging sapi dalam kerangka kerjasama ini.

Unsrat Laksanakan Vaksinasi Massal Covid-19 Tahap Pertama


Universitas Sam Ratulangi menyelenggarakan vaksinasi dalam rangka mendukung program pemerintah dalam memaksimalkan kegiatan vaksinasi, Jumat (5/2/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang digelar secara massal di Manado diikuti ribuan sumber daya manusia kesehatan dan mahasiswa studi kesehatan. Penyuntikan dosis pertama pada tahap pertama di Unsrat diikuti ratusan mahasiswa. Selajutnya vaksinasi dilaksanakan bertahap di Unsrat.


Foto: Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA memantau langsung pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Gedung Auditorium UNSRAT. (20/4/2021).

Vaksinasi tahap kedua ini di peruntukkan bagi Dosen, Tenaga Kependidikan, Tenaga Honorer, Satuan Pengamanan, Sopir dan Tenaga Kebersihan di lingkungan Universitas Sam Ratulangi yang telah di Vaksin tahap satu.

Wisuda Daring 2021 Universitas Sam Ratulangi, Kamis (11/2/2021)


Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan, selamat kepada 883 wisudawan atas kompetensi yang telah diraih melalui kerja keras, komitmen dan pengorbanan. Suatu perjalanan yang panjang dan intens telah memperkaya diri Anda terutama dalam hal pengetahuan keterampilan dan karakter.

Rektor mengingatkan bahwa waktu kita terbatas dan sebagian besar di isi dengan pekerjaan, tentu akan ada rintangan, kesulitan dan kekalahan sementara. Namun ingatlah kalian dibentuk oleh proses jauh melebihi hasil yang diperoleh, oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan proses untuk suatu tujuan.

Kunjungan Menteri Kesehatan Dalam Rangka Vaksinasi Massal Covid-19 Untuk Lansia, Jumat (5/3/2021)


Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC, CLU dalam konferensi pers mengatakan, Pandemi Covid-19 butuh waktu yang lama untuk menghilangkannya, maka dari itu program vaksinasi untuk lansia ini menjadi prioritas.

Sementara, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan kegiatan vaksinasi massal di Auditorium Universitas Sam Ratulangi adalah vaksinasi massal yang ke tiga di laksanakan di UNSRAT.

Peresmian Gedung Baru Fakultas Peternakan, Rabu (10/3/2021)


Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA mengharapkan, dengan diresmikannya gedung baru Fakultas Peternakan ini, kualitas pendidikan kita makin meningkat.

Fakultas Peternakan yang sudah Terakreditasi A, Rektor berharap dosen-dosen yang ada di fakultas ini lebih berkualitas dan mutu berkualitas serta dengan sarana dan prasarana yang menunjang, itu akan memungkinkan makin banyaknya mahasiswa yang masuk kuliah di Fakultas Peternakan.

Rapat Koordinasi Pimpinan UNSRAT dan LP3, Penandatanganan Kontrak Kinerja Ketua LP3 dan Koordinator Pusat, Kamis (1/4/2021)


Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tempat Ibadah (Gereja) Kampus UNSRAT, Senin (12/4/2021)


Universitas Sam Ratulangi melalui Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE memberikan bantuan bangunan Gereja Kampus.

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA ini adalah kerinduan Universitas Sam Ratulangi dengan adanya Gereja yang baru, Gereja yang representatif di mana Gereja itu akan menjadi tempat pendidikan agama semua denominasi agama kristen termasuk Katolik, Advent, Pantekosta dan GMIM bisa beribadah di Gereja Kampus.

Penandatanganan MoU Rektor-Rektor Perempuan Indonesia, Rabu (21/4/2021)


Penandatanganan MoU ini dalam rangka Hari Kartini dan juga harapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ruang lingkup Kesepahaman Bersama ini meliputi kegiatan yang menyangkut :
  • Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
  • Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka,
  • Peningkatan Sumber Daya Manusia,
  • Tata Kelola,
  • Pengembangan di Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender,
  • Kegiatan lain yang disepakati oleh Para Pihak

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Herman Karamoy SE, M.Si, Ak. CA, Senin (3/5/2021)


Kunjungan Silaturahmi Wakil Ketua MPR RI Dr. Sjarifuddin Hasan, M. M, MBA Bersama Rombongan, Senin (3/5/2021)


Unsrat Kerjasama Dengan Queensland University 

Para petinggi Central Queensland University Australia, yakni Prof Nick Klomp Vice-Chancellor, Prof Hendrik Halim Associate Vice Chancellor dan President melakukan kunjungan kerja ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Kamis (27/5/2021).


Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut atas kerja sama tentang peternakan sapi terintegrasi dengan perguruan tinggi luar negeri.

Kemenkeu Jalin Kerja Sama dengan Unsrat, Senin (14/6/2021)


Mewujudkan program kampus merdeka, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Sulut melakukan penandatanganan MoU bersama Universitas Sam Ratulangi Manado.

Unsrat dan Pemkot Manado Teken MoU, Senin (21/6/2021)

Sinergitas Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dengan lembaga pemerintahan terus diperkuat. Misi menunjang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Manado, jadi fokus bersama.

Wisuda Daring UNSRAT Periode I Tahun Akademik 2021/2022


Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen. J. Kumaat M.Sc DEA berharap, 1.207 yang di Wisuda, nantinya dapat terus berkarya dan berpikiran maju serta memiliki semangat leadership, solidaritas, juga memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat dan dunia.

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulut.

Universitas Sam Ratulangi menerima Piagam Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Utara sebagai Peringkat III Kualitas Laporan Keuangan UAPPA-W Tahun 2020 Lingkup Kanwil Djpb Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (25 Agustus 2021)

Peresmian Gedung “Wale Sam Ratulangi”


Jumat, 5 November 2021, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA menyaksikan Peresmian Wale Sam Ratulangi di tengah momentum HUT Kelahiran Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi.

Filsafatnya yang terkenal luas “si tou timou tumou tou” telah menjiwai penyelenggaraan Tridharma di perguruan tinggi tercinta ini.

Tingkatkan Kualitas SDM, Polri dan Unsrat Manado Teken MoU di Bidang Pendidikan

Polri melalui SSDM Polri dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kelembagaan, dan keamanan kampus.

Penandatanganan naskah MoU tersebut berlangsung di aula lantai 4 Gedung Rektorat Unsrat Manado, Kamis (11/11/2021).

Akreditasi Unggul, Unsrat PTN Teratas di Timur Indonesia


Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, sukses melambungkan nama Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di panggung pendidikan, baik di tanah air maupun level internasional.

Selasa (26/10/2021), Unsrat dianugerahi sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pertama di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Bahkan menjadi satu dari 13 institusi pendidikan di Indonesia, dengan status akreditasi unggul. Predikat ini dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia.

UNSRAT sudah memiliki 12 Program Studi yang mendapatkan akreditasi UNGGUL, yakni:
S1 Teknik Pertanian,
S1 Biologi,
S1 Peternakan,
S1 Perencanaan Wilayah dan Kota,
S1 Manajemen,
S1 Ekonomi Pembangunan,
S1 Budidaya Perairan,
S1 Ilmu Kelautan,
S2 Ilmu Perairan,
S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan,
S1 Arsitektur,
S1 Teknologi Hasil Perikanan.

(alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close