Dinas PMDD Sulut Fasilitasi Pelaksanaan Profil Desa Kelurahan di Boltim Dinas PMDD Sulut Fasilitasi Pelaksanaan Profil Desa Kelurahan di Boltim - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dinas PMDD Sulut Fasilitasi Pelaksanaan Profil Desa Kelurahan di Boltim

24 March 2022 | 22:35 WIB Last Updated 2022-03-24T14:35:26Z
Foto istimewa


MANADO, (indimanado.com) -
Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPMDD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Dr. Jemmy S. Kumendong, MSi, ketersediaan data profil desa dan kelurahan sangat penting sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan berkelanjutan.

Karena itu, dinas yang dipimpinnya memfasilitasi pelaksanaan profil desa kelurahan. Hal ini disampaikannya saat membuka legiatan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Data Profil Desa Kelurahan (Prodeskel) di Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Rabu (23/3/2022).

“Bimtek Aplikasi Prodeskel merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat desa dalam menyusun profil desa/kelurahan. Bimtek ini juga bertujuan untuk membuka wawasan dan membangun kesepahaman dalam menyelenggarakan pembangunan di desa dan kelurahan”, kata Kumemdong didampingi oleh Sekretaris dan Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD Kabupaten Boltim serta Kabid Pemdes Dinas PMD Sulut, Marietta Tangkumaat, S.Sos.

Kumendong mengharapkan usaha memenuhi ketersediaan data yang akurat, seperti data dasar desa, potensi desa dan tingkat perkembangan desa, itu bisa diwujudkan.

“Ini juga sebagai rujukan yang valid dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah desa yang merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa”, jelasnya.

Data ini penting karena dengan data yang akurat, ke depannya akan digunakan untuk penyusunan perencanaan secara berjenjang dan berkelanjutan.

“Dilaksanakan di Kabupaten Boltim karena capaian progress pengisian data prodeskel di daerah ini masih rendah. Karena itu Pemprov Sulut melalui dimas PMDD menaruh perhatian serius dan turun langsung untuk membantu meningkatkan kapasitas aparat desa dalam upaya meningkatkan capaian ketersediaan data profil desa yang lebih akurat dan bermanfaat”, imbuh Kumendong.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh para Sangadi dan Operator desa se-Kab. Boltim. (*/ajl)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close