Gubernur Olly Dondokambey Sukses Sebagai Ketua Panitia Sidang BPMS dan Pemilihan Kompelka BIPRA GMIM Gubernur Olly Dondokambey Sukses Sebagai Ketua Panitia Sidang BPMS dan Pemilihan Kompelka BIPRA GMIM - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Dondokambey Sukses Sebagai Ketua Panitia Sidang BPMS dan Pemilihan Kompelka BIPRA GMIM

31 March 2022 | 15:28 WIB Last Updated 2022-03-31T07:36:46Z


MANADO, (indimanado.com) - Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) sebagai salah satu Gereja terbesar di Indonesia tentu patut bersyukur, berbangga acara Sidang Majelis Sinode ke-81 GMIM Tahun 2022 sukses dilaksanakan.

Terselenggaranya kegiatan aras Sinode GMIM ini tidak terlepas dari peran Gubernur Olly Dondokambey sebagai Ketua Umum Panitia. Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja dipermuliakan.

Gubernur Olly sebagai Ketua Panitia Aras Sinode GMIM, dibantu Wakil Gubernur Steven Kandouw sebagai Wakil Ketua dan Asiano Gamy Kawatu sebagai Sekretaris Panitia.


Gubernur Olly mengkomando panitia, turut serta melihat dari dekat setiap sudut tempat pelaksanaan kegiatan dan kerja panitia. Hasilnya, semuanya berjalan baik, lancar dan sukses.

Dalam acara sidang pemilihan, untuk memasuki ruangan setiap peserta wajib menggunakan barkode dengan maksud agar terpantau, tertib dan yang hadir benar-benar tercatat dari perutusan perwakilan Wilayah dan Jemaat.

Kegiatan diawali Ibadah Pembukaan ini dipimpin oleh Pendeta Janny Rende MTh , dengan tema "Aku adalah yang Awal dan yang Akhir," (Wahyu  22 :12 - 13).


Selanjutnya, acara dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutan, Presiden Jokowi berharap Sidang Majelis Sinode ke-81 GMIM Tahun 2022 ini akan memperkokoh sinergi yang semakin erat antara jemaat dan pemerintah, memperkokoh komitmen dan tindakan yang menunjang kemajuan bangsa dan negara serta mewujudkan Indonesia yang Maju dan Berdaulat, Mandiri dan Sejahtera.

Presiden Jokowi mengungkap gereja berkewajiban mendidik dan melatih jemaat sehingga dapat mencetak SDM yang memiliki keteguhan iman, talenta masa depan yan dapat menciptakan peluang kerja seluas-luasnya.

“Transformasi ekonomi harus kita mulai dengan revitalisasi industri, yang akan meningkatkan nilai tambah,” terang Presiden sembari mengajak warga GMIM untuk membangun kemandirian ekonomi di berbagai sektor. Dengan demikian tidak tergantung produk-produk impor.


Selain itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan gereja dapat mendukung pemerintah dalam proses pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal itu ebagai bagian dari sejarah transformasi besar bangsa.

“Mempercepat pemerataan pembangunan agar tidak terpusat di Pulau Jawa saja, untuk menghantarkan masyarakat Indonesia mencapai kesejahteraan,” katanya.

Presiden Jokowi mengakui bahwa banyak ujian dan tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Di mana sudah dua tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 sebagai ujian. “Namun, dengan kuasa Tuhan dan ikhtiar bersama, kasus Covid-19 di negara kita mengalami penurunan. Harapan kita bersama secepatnya transisi dari pandemi ke endemi,” kata Presiden.


Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus menyampaikan terima kasih kepada warga gereja atas ikhtiar dan kerja keras selama masa pandemi yang telah bekerja sama, bergotong-royong, saling peduli, dan saling membantu tanpa latar belakang perbedaan. Bahkan asal-usul, agama, dan ras sehingga bisa mencapai kondisi yang semakin kondusif dan membaik.

“Meski sudah dua tahun menghadapi pandemi, namun berbagai agenda strategis untuk memajukan bangsa tidak pernah berhenti,” sebut Presiden.

Gubernur Olly sebagai Ketua Panitia dibantu oleh Wakil Panitia Steven Kandouw dan Sekretaris Panitia Asiano Gamy Kawatu kolaborasikan sinode dan jajaran Pemprov Sulut.


Pastinya kerjasama dengan Pemprov Sulut tetap terjalin dengan tidak merubah karakteristik Pelayanan GMIM, melainkan lebih memperkokoh, memperkuat persatuan dan kesatuan untuk menjadi saksi yang diberkati dan semuanya hanya untuk hormat dan kemuliaan Nama Tuhan.

SMS ke-81 selain memilih BPMS, juga telah menghasilkan Renstra GMIM yang dipaparkan oleh ketua Tim penyusun Asiano Gamy Kawatu.


Rangkaian pesta warga GMIM ini diawali Ketua Umum Panitia Olly Dondokambey, mengumumkan nominasi Komisi Pelayanan Kategorial (Kompelka) Bapak Ibu Pemuda Remaja Anak (BIPRA) di Aula Kantor Sinode GMIM, Kota Tomohon, Jumat (11/3/2022). Saat pengumuman Olly Dondokambey yang juga menjabat Gubernur Sulut didampingi Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, Wakil Ketua Umum Steven Kandouw dan Sekretaris Asiano Gamy Kawatu.


Dilanjutkan Senin (14/3/2022), mengumumkan nominasi Badan Pekerja Majelis Sinode ( BPMS) GMIM. Nominasi BPMS GMIM, diumukan Wakil Ketua Panitia Steven Kandouw.

Kata Steven Kandouw, setelah dilakukan validasi, panitia mengumumkan para calon BPMS GMIM.

“Hari ini pengumuman nominasi BPMS sudah dibuka dan sudah terjaring 36 nominator setelah dilakukan validasi BPMS. Ini baru DCS (Daftar Calon Sementara), nanti tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT),” tegas Kandouw. Lanjut Kandouw, intinya atas campur tangan Roh Kudus pelaksanaan validasi berlangsung dengan baik.


Senin (21/3/22) di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Pemilihan Pengurus Lansia Sinode GMIM, dibuka Ketua Umum Panitia Pemilihan Aras Sinode GMIM Olly Dondokambey SE.Hasilnya, Dra Adriana Dondokambey MSi terpilih Ketua Kelompok Pelayanan Lansia Sinode GMIM periode 2022-2027, dengan jumlah suara 445. Sidang Pemilihan dipimpin Wakil Ketua Panitia, Drs Steven OE Kandouw.Adriana didampingi Wakil Ketua Martje Pangau (236 suara), Sekretaris Rein Tumilaar (132 suara) dan Bendahara Hesky Montong (368 suara).

Usai terpilih langusung menandatangani berita acara hasil pemilihan, termasuk 10 anggota masuk kepengurusan Kelompok Pelayanan Lansia Sinode GMIM periode 2022-2027.Adriana Dondokambey menyatakan siap menjalankan misi kelompok pelayanan Lansia Sinode GMIM periode 2022-2027.Adriana optimis bersama pengurus mampu melaksanakan program belum terlaksana Pengurus sebelumnya.

Dilanjutkan pemilihan BIPRA Sinode GMIM meliputi Komisi Kategorial Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM, Komisi Pelayanan Kategorial Wanita/Kaum Ibu (W/KI) Sinode GMIM, Komisi Pelayanan Kategorial Pemuda Sinode GMIM, Komisi Pelayanan Kategorial Remaja Sinode GMIM dan Komisi Pelayanan Kategorial Anak Sinode GMIM, dilaksanakan serentak Jumat (25/3/2022), tempat terpisah Bitung, Minut, Tomohon dan Minahasa.


Hasilnya, Pnt Maurits Mantiri keseharian sebagai Walikota Bitung ini terpilih menjadi Ketua Komisi Pelayanan PKB terpilih periode 2022-2027 dengan memperoleh 1035 suara dengan persentase 99% dari 1049 suara yang memilih pada rapat pemilihan Komisi Pelayanan PKB Sinode GMIM, di GOR Dua Sudara Bitung. Kemenangan ini diraih tepat di hari ulangtahunnya yang ke-57 tahun.

Sementara, pemungutan dan perhitungan suara Komisi Pelayanan Wanita/Kau Ibu (WKI) Sinode GMIM dipimpin Wakil Ketua Panitia Pemilihan Aras Sinode Drs Steven Kandouw, bertempat di Gedung Gereja Jemaat GMIM Rut Suwaan, Pnt Dra Fenny Lumanauw SIP dinyatakan sah terpilih Ketua Komisi W/Kl Sinode GMIM periode 2022-2027.

Dari total 1131 surat suara masuk, Lumanauw berhasil meraih perolehan suara sebanyak 573. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa ini unggul sebanyak 19 suara dari Pnt Prof Deitje Katuuk memperoleh sebanyak 554 dukungan suara.Komisi Pelayanan Kategorial Pemuda Sinode GMIM, sebanyak 926 suara hasil e-voting, mengantar Pnt Rio Alexander Jeremia Dondokambey BISA, terpilih menjadi Ketua Komisi Pelayanan Kategorial Pemuda Sinode GMIM periode 2022-2027.


Dikategori Pemuda, Penatua Rio Alexander Jeremia Dondokambey BS mendapat kepercayaan 87 persen suara, dari total pemilih 1061. Rio meraih 926 suara menggungguli nominasi lain, seperti Penatua Mirid Vici Stephani Tenda SE yang meraih 6 persen atau 60 suara, Penatua Fristo Saul 22 suara atau 2 persen, Penatua Wiliam Worang 7 suara atau 1 persen dan beberapa nominasi lain. Sementara Kategorial Remaja Sinode GMIM, Pnt dr Michaela Paruntu MARS terpilih kembali memimpin KPRS untuk kedua kalinya. Pada pemilihan KPRS periode 2022-2027 ini, Paruntu mendapatkan dukungan sebanyak 642 suara atau 61 persen dari 1057 pemilih. Sedangkan Pnt. Billy Lombok, SH didukung 415 suara atau sebesar 39 persen.

Pada Komisi Pelayanan Kategorial Anak Sinode GMIM, Pnt Michael Mait SKom terpilih kembali menjadi Ketua Komisi pelayanan Anak Sinode (KPAS) GMIM periode 2022-2027. Mait unggul atas 23 kandidat lainnya, dengan mengantongi dukungan sebanyak 714 suara. Pemungutan suara dilakukan secara e-voting di 13 bilik di Jemaat Imanuel Kawangkoan Bawah.


Sidang Majelis Sinode adalah puncak rangkaian pesta iman warga GMIM yang telah dimulai dari akhir tahun 2021 lalu, dimulai dari tingkat jemaat, wilayah dan Sinode. Rangkaian Sidang Majelis Sinode GMIM (SMS) ke-81 selama tiga hari dibuka Ketua Umum Panitia Pemilihan Aras Sinode GMIM, Olly Domdokambey, Senin (28/3/2022) di Kantor Sinode GMIM Tomohon.

“Kiranya dalam sinergitas yang tinggi maka boleh ditetapkan yang terbaik dalam rangka menjawab kebutuhan gereja guna memajukan gereja Tuhan,” ungkap Olly Dondokambey.


Puncak pesta iman itu sendiri ditandai dengan suksesnya gelaran pemilihan struktur Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) berlangsung di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Kota Manado, Rabu (30/3/2022) kini telah mendapatkan pengurus BPMS baru. Setelah menggelar proses pemilihan sekitar enam jam, tercatat 1.876 peserta dari 1.881 pemilih memberikan hak suaranya.

Dr. Hein Arina kembali terpilih sebagai Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Periode 2022-2027 setelah raih suara 1.560. Dr. Hein Arina mampu menyisihkan Margarita Dalos sebagai pesain dalam posisi Ketua BPMS yang hanya mendapatkan 249 suara.

Rangkaian Sidang Majelis Sinode GMIM (SMS) ke-81 selama tiga hari dibuka Ketua Umum Panitia Pemilihan Aras Sinode GMIM, Olly Domdokambey, Senin (28/3/2022) di Kantor Sinode GMIM Tomohon.

“Kiranya dalam sinergitas yang tinggi maka boleh ditetapkan yang terbaik dalam rangka menjawab kebutuhan gereja guna memajukan gereja Tuhan,” ungkap Olly Dondokambey.


Harapan yang sudah terpilih mampu untuk bekerja bersama-sama jalan berdekat-dekat, hidup dan beramah-ramah, bersehati sekerja.

Berikut Stuktur Lengkap BPMS GMIM 2022-2027

  • Ketua BPMS : Pdt Hein Arina
  • Wakil Ketua Bidang Ajaran dan Tata Gereja : Pdt Djoli Sondakh
  • Wakil Ketua Pekerja dan Pelsus : Pdt Joice Christien Wulancaea Sondakh.
  • Wakil Ketua Pembinaan dan Pengembalaan: Pdt Richard Jan Han Mengko
  • Wakil Ketua Misi dan Hubungan Kerja Sama: Pdt Adolf Katuuk Wenas
  • Wakil Ketua Pengembangan Sumber Daya dan Diakonia: Pnt Steven Kandouw
  • Wakil Ketua Bidang Data, Informasi dan Litbang: Pnt Recky Montong
  • Wakil Ketua Bidang Hukum, dan Sertifikasi  Aset: Pnt Yuddi Handry Robot
  • Sekretaris BPMS : Pdt Evert Tangel
  • Wakil Sekretaris  Antar Bidang dan Rumah Tangga : Pdt Christian Luwuk
  • Wakil Sekretaris BIPRA dan Lansia : Pdt Djefry Erel Saisab
  • Bendahara : Dkn Windy Veronika Yessy Lucas
  • Wakil Bendahara : Dkn Meita Wala.

(Advetorial/Kominfo Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close