HUT ke-58 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Dondokambey Gaungkan Keberhasilan Sulut HUT ke-58 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Dondokambey Gaungkan Keberhasilan Sulut - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

HUT ke-58 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Dondokambey Gaungkan Keberhasilan Sulut

23 September 2022 | 22:14 WIB Last Updated 2022-09-23T18:22:03Z
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE.

MANADO, (indimanado.com) - Gubernur Olly Dondokambey gaungkan keberhasilan daerah di perayaan HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara di halaman Kantor Gubernur Sulut, Jumat (23/9/2022).

Saat itu juga, Gubernur Olly yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) mengobarkan semangat "Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama" kepada seluruh komponen.

“Saat ini WHO maupun pemerintah pusat sudah menyatakan bahwa pandemi sudah berganti menjadi endemi. Untuk itu, kita tinggal mempercepat upaya bersama untuk pulih, dan bangkit lebih kuat, bangkit bersama, menuju kemajuan dan peningkatan kesejahteraan,” ujar Gubernur.

Ia menilai, dalam upaya pemulihan saat ini peringatan HUT Provinsi ke-58 sangatlah tepat untuk dijadikan momentum refleksi, mulai dari apa yang telah diperjuangkan oleh para Pendiri dan para Pendahulu terhadap Bumi Nyiur Melambai, hingga perjuangan saat ini penanganan bersama akan pandemi.

Gubernur juga membeberkan, Sulut telah membuat geliat, capaian dan prestasi yang membanggakan di tahun 2022 ini, seperti IPM berada pada angka 73,30, Indeks Kebahagian sebesar 74,96, serta perekonomian Sulut di Triwulan ke-2 2022 yang 5,93 persen, di atas rata-rata nasional yakni 5,44 persen.

Gubernur Olly Dondokambey juga menyampaikan sejumlah prestasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di masa Pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi, ada 3 rumah sakit daerah berhasil kita bangun walaupun di tengah kondisi pandemi, yaitu RSUD ODSK, Rumah Sakit Mata, RSJ Kalasey. Infrastruktur sarana dan prasarana terus berproses,” ungkapnya.

Lebih lanjut Gubernur mengingatkan budaya Mapalus yang ada di Sulut agar terus digaungkan bersama.

"Banyak prestasi yang sudah kita capai. Olehnya kita harus terus bersemangat bersama dalam menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

"Jika kita mampu menjadikan peringatan HUT ini untuk memperkuat sinergi dan mempererat kebersamaan, sudah tentu kemajuan yang lebih lagi dapat kita torehkan," imbuhnya.

Diketahui, ada tamu spesial hadir dalam peringatan HUT Sulut kali ini. Ia adalah Audrey Vanessa Susilo, putri Sulut yang berhasil menjuarai kontes kecantikan Miss Indonesia 2022. Menjadi kado manis, karena telah membawa nama harum Sulut di tingkat nasional maupun internasional nantinya.

“Tentunya kita sudah menyiapkan hadiah untuk Audrey. Mudah-mudahan hadiahnya berkenan, dan bermanfaat dalam memajukan pariwisata Sulut,” ucapnya.

Akhir kata Gubernur mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulut.

"Terima kasih kepada semua atas semangat yang terus berkobar dan membara dalam melanjutkan cita-cita para pendiri dan para pendahulu. Mari kita tetap bertindak sebagai insan-insan yang mengingini Sulut menjadi daerah kemajuan. Mari terus lanjutkan apa yang sudah baik dan kita tinggalkan apa yang menjadi penghambat langkah-langkah kita kedepan," tandasnya.

Usai upacara, Gubernur beserta Ketua TP.PKK Prov. Sulut dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw beserta Sekretaris TP.PKK Prov. Sulut selaku Kepala Dinas P3AD Sulut melakukan Deklarasi "Si Patokaan" Strategi Pencegahan Terkoordinasi Perkawinan Usia Anak, bersama seluruh Bupati dan Walikota se-Sulut, lewat penandatanganan serta ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

Terakhir, Gubernur didampingi Wagub juga melakukan sejumlah penyerahan, diantaranya: Penghargaan Satya Lencana kepada, SK Presiden Kenaikan Pangkat, SK Pensiun, hadiah untuk Miss Indonesia 2022 berupa uang tunai senilai Rp.100 juta, hadiah pemenang Lomba Desa/Kelurahan, Bantuan Bagi Perempuan, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Provinsi, Piagam Penghargaan bagi Sekolah Penggerak SLB, hadiah bagi Pemenang Sicita, BSU, bantuan sembako dan bantuan pembelian bahan baku bagi 1000 pelaku usaha mikro.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Anggota DPR RI utusan Sulut, sejumlah Mantan Gubernur dan Wagub Sulut, para Istri Mantan Gubernur dan Mantan Wagub, serta Konsul Jenderal Filipina di Manado.

Turut pula para Anggota Forkopimda bersama istri, para Pimpinan maupun anggota DPRD Sulut, Pj. Sekdaprov Sulut bersama Ketua DWP Sulut, Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Sulut, para Rektor/Direktur Perguruan Tinggi, para Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, dan BUMN/BUMD, serta para Pemuka Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat di Sulut. (alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close